Sunday, August 10, 2014

Daftar Instansi Pemerintah Yang Batal Rekrut PNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan 6 emerintah kabupaten/kota dipastikan batal melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada periode 2014 ini. Keenam kabupaten/kota tersebut adalah Pemkab Pakpak Barat, Pemkot Palembang, Pemkot Bengkulu, Pemkab Lampung Timur, Pemkab Sukoharjo, dan Pemkot Denpasar.

Kepala Bidang Perencanaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Syamsul Rizal mengatakan, meski sudah diberikan alokasi formasi, beberapa instansi menyatakan tidak siap melakukan perekrutan. "Ada beberapa instansi yang sudah mengirimkan surat ke Kementerian PAN-RB menyatakan tidak siap melaksanakan seleksi CPNS tahun ini," katanya dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Minggu (10/8/2013).

Syamsul menambahkan bahwa ada beberapa penyebab dari pembatalan instansi untuk terlibat dalam pelaksanaan seleksi CPNS. Keterbatasan anggaran dapat menjadi kendala untuk masing-masing instansi. Selain itu, instansi ingin fokus dalam penyelesaian penyaringan CPNS tahun lalu.

Sebelumnya, Sekretaris Kemen PAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, instansi pemerintah yang tidak segera menyampaikan rincian formasi untuk seleksi CPNS akan ditinggal. Menurutnya mereka tidak bersungguh-sungguh melakukan perekrutan. "Baru 70% yang menyerahkan rincian formasi sampai sekarang ini," kata Kepala Bidang Perencanaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Syamsul Rizal," dikutip dari situs Sekretaris Kabinet, Minggu (10/8/2014).

Jadwal penyampaian rincian formasi seharusnya dilakukan paling lambatt pada hari Jumat (8/8). Hingga Kamis kemarin, belum semua instansi menyerahkan rincian formasi CPNS. "Baru 70% yang menyerahkan rincian formasi sampai sekarang ini," kata Syamsul lagi.

Dijelaskan terdapat 439 pemda yang mendapatkan alokasi formasi, sedangkan untuk pemerintah pusat sebanyak 71 instansi. Setelah mendapatkan alokasi formasi, mereka seharusnya menyerahkan rincian formasi.

No comments:

Post a Comment