Wednesday, August 6, 2014

Time Warner Tolak Akuisisi 21st Century Fox Senilai Rp 928 Triliun

Perusahaan entertainment milik taipan media Rupert Murdoch, 21st Century Fox secara resmi mengumumkan pembatalan rencana akuisisi terhadap Time Warner. Hal itu dilakukan setelah Time Warner menolak tawaran akuisisi senilai 80 miliar dollar AS (setara Rp 928 triliun).

CEO 21st Century Fox Rupert Murdoch menyatakan rencana akuisisi itu sebenarnya merupakan langkah signifikan untuk ekspansi bisnis. Dia mengaku melakukan pendekatan dengan ramah terhadap Time Warner.

"Memang diakui, rencana akuisisi ini sempat membuat harga saham kami (Fox) mengalami undervalue dan kurang menarik bagi pemegang saham. Selain itu, kami ingin selalu memberikan nilai tambah bagi pemegang saham, sehingga kami memutuskan untuk mundur dari rencana ini," ujarnya seperti dikutip dari CNBC, Rabu (6/8/2014).

Terkait dengan batalnya akuisisi itu, saham Time Warner anjlok lebih dari 12 persen pada perdagangan hari sebelumnya. Namun demikian, saham Fox naik 8 persen.

Dalam kesempatan terpisah, Time Warner menyebutkan bahwa perseroan berkomitmen untuk memberikan keuntungan jangka panjang bagi pemegang saham.

Mundurnya Fox sebelumnya sempat berhembus di kalangan investor. Namun, kabar tersebut tidak terkonfirmasi oleh masing-masing pihak yang terlibat dalam rencana transaksi besar itu.

No comments:

Post a Comment