Monday, August 4, 2014

Separuh Kopaja Berhenti Beroperasi Karena Penghapusan Solar Bersubsidi

Pasca-pemberlakuan kebijakan pembatasan penggunaan solar bersubsidi, hampir separuh bus kopaja di wilayah Jakarta Pusat tidak beroperasi. Ketua Umum Kopaja Nanang Basuki menjelaskan jika kebijakan tersebut membuat para sopir kebingungan mengisi bahan bakar.

"Kalau kami isi di luar trayek lain tidak boleh, sebab ada pelarangan dari Dinas Perhubungan," ujarnya saat dihubungi, Senin, 4 Agustus 2014. Menurut Nanang, untuk wilayah Jakarta Pusat, total angkutan kopaja berjumlah 300 dari total ke seluruhan 1.400 angkutan yang tersedia. Namun sejak pemberlakuan pembatasan solar itu, hanya 150 kopaja yang beroperasi.

Kebijakan yang memperbolehkan pengisian dari jam 08.00 sampai 18.00 banyak dikeluhkan para sopir. "Baru tiga kopaja, solar sudah dibilang habis oleh petugas SPBU," kata Nanang.Terkait jumlah kerugian yang diderita, Nanang dan pengusaha lain belum menghitung secara nominal jumlahnya. Biasanya pengusaha kopaja per hari rata-rata mendapat penghasilan berkisar Rp 500 ribu untuk non AC, dan Rp 700 ribu untuk yang AC.

Untuk itu, Organda Jakarta akan melakukan diskusi tentang hal tersebut. "Seharusnya kebijakan tersebut jangan dipukul rata," tutur Nanang. Dia berpendapat jika pembatasan tersebut hanya menyusahkan rakyat saja. Angkutan barang, sayur, dan angkutan orang semua menggunakan solar, sehingga pembatasan tersebut bisa menaikkan harga. "Tapi sebenarnya saya tidak setuju baik pembatasan penggunaan maupun menaikkan harga BBM bersubsidi," kata Nanang.

No comments:

Post a Comment