Sunday, August 24, 2014

Jasa Konstruksi Indonesia Gelar Karya Ilmiah

Bekerja sama dengan masyakarat jasa konstruksi, Badan Pembinaan (BP) Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum kembali menggelar event Konstruksi Indonesia. Event yang digelar sejak tahun 2003 ini, merupakan ajang pertukaran informasi dan komunikasi bisnis konstruksi, nasional maupun internasional dan menjadi ajang promosi untuk menggairahkan investasi dan kegiatan konstruksi di tanah air.

Konstruksi Indonesia 2014 mengusung tema “Harmonisasi Konstruksi Indonesia untuk Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Pemilihan tema tersebut dilandasi oleh kebutuhan konsolidasi dan sinergi pemangku kepentingan jasa dan bisnis konstruksi dalam menghadapi dan memanfaatkan peluang Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan berlangsung pada 2015.

Kepala BP Konstruksi Hediyanto W. Husaini mengatakan, penyelenggaraan Konstruksi Indonesia 2014 bertujuan untuk memupuk kepercayaan dan kebanggaan masyarakat terhadap pelaku konstruksi nasional dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pelaku konstruksi nasional. “Selain itu. Konstruksi Indonesia menjadi ajang promosi dan perluasan jejaring bisnis untuk membangkitkan investasi dan gairah konstruksi nasional,” ujar Hediyanto belum lama ini.

Konstruksi Indonesia 2014 akan menggelar beberapa kegiatan menarik seperti Lomba Pekerja Konstruksi. Lomba ini akan memberikan akses yang luas kepada para pelaksana pekerja konstruksi untuk memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi serta menjadi ajang bertemunya tenaga terampil konstruksi di Indonesia.

Peserta Lomba Pekerja Konstruksi merupakan pekerja konstruksi dan operator alat berat dari seluruh provinsi Indonesia yang telah lulus seleksi atau diusulkan oleh provinsi masing-masing oleh Pembina Jasa Konstruksi Provinsi atau Panitia Seleksi yang ditunjuk. Pelaksanaan Lomba Pekerja Konstruksi Indonesia akan berlangsung pada 9-11 September 2014 dan pada saat bersamaan juga akan diadakan Sarasehan Nasional Pekerja Konstruksi Indonesia.

Event yang tidak kalah menariknya adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Terkait Konstruksi Indonesia. Penyelenggaraan event tersebut bertujuan mengembangkan semangat menulis di kalangan masyarakat konstruksi sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan/informasi, tetapi juga mampu menjadi kontributor pemikiran, gagasan dalam bentuk karya tulis.

Peserta lomba karya ilmiah adalah individu atau kelompok yang berasal dari masyarakat konstruksi seperti pemerintah, lembaga pengembang konstruksi, pengurus dan anggota asosiasi profesi, pengurus asosiasi perusahaan, perguruan tinggi, anggota organsiasi kemasyarakatan, tenaga konstruksi dan masyarakat peminat konstruksi.

Kegiatan-kegiatan lain yang diadakan adalah Kompetisi Foto Konstruksi dan Lomba Jurnalistik/Karya Tulis Media Cetak. Lomba foto yang akan terdiri dari dua kategori (manual/digital). Para peserta lomba foto dapat mengirim karyanya paling lambat pada 29 Agustus 2014 ke Panitia Kompetisi Lomba Foto Konstruksi Indonesia Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Gedung Bina Marga Lantai 1 Jalan Pattimura No. 20 Jakarta Selatan.

Sedangkan lomba karya tulis jurnalistik mengusung tema ““Harmonisasi Konstruksi Indonesia untuk Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” dengan subtema “Kesiapan Konstruksi Indonesia Menghadapi Pasar Bebas Asean.”

Para peserta lomba, dapat mengaitkan subtema dengan kegiatan infrastruktur bidang pekerjaan umum seperti Sumber Daya Air, Bina Marga Cipta Karya, Penataan Ruang, Jasa Konstruksi dan Produk Litbang PU. Karya tulis yang dilombakan merupakan karya tulis yang telah dipublikasikan selama periode 1 Januari-15 Agustus 2014.

Para peserta lomba foto dapat mengirim karya tulisnya paling lambat pada 29 Agustus 2014 ke Panitia Bidang Lomba Jurnalistik Konstruksi Indonesia 2014 Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Gedung Bina Marga Lantai Jalan Pattimura No. 20 Jakarta Selatan.

Selain empat kegiatan, Konstruksi Indonesia 2014 juga akan menggelar kegiatan Penghargaan Karya Konstruksi, Penghargaan Kinerja Proyek Konstruksi, Penyusunan Buku Konstruksi Indonesia 2014, Pameran dan Seminar KI 2014 (5-7 November 2014) serta kegiatan pendukung lainnya.

No comments:

Post a Comment