Sunday, May 27, 2012

Android Kuasai Pangsa Pasar Smartphone Sebesar 82 Persen

Android dan iOS menjadi dua sistem operasi yang mendominasi pasar smartphone atau ponsel cerdas global pada kuartal pertama tahun 2012.

Berdasarkan laporan terbaru International Data Corporation (IDC) yang dirilis 24 Mei 2012, Android dan iOS masing-masing menguasai 59 dan 23 persen pengapalan ponsel cerdas global. Dari data IDC, disebutkan, total pengapalan smartphone mencapai 152.300 juta unit.

Dengan dominasi itu, artinya, sebanyak delapan dari sepuluh smartphone yang dikapalkan pada kuartal pertama 2012 adalah Android dan iOS.

Pangsa pasar Android dan iOS ini meningkat bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yang sebesar 54,4 persen. 

Dengan data ini, Android dan iOS semakin meninggalkan Symbian dan BlackBerry, serta Linux dan Windows Phone 7 atau Windows Mobile.

"Android atau iOS adalah yang pertama datang ke pasar dengan tawaran beragam fitur, ditambah dengan cara pengalaman smartphone yang intuitif yang dengan cepat memperoleh penggemar," kata Ramon Llamas, analis senior IDC''s Mobile Phone Technology and Trends program, dalam keterangan pers seperti dimuat di situs resmi IDC.

Analis Kevin Restivo dari IDC''s Worldwide Mobile Phone Tracker program mengatakan penantang Android dan iOS perlu kerja keras untuk mendapatkan loyalitas dari para developer. "Agar memperoleh pangsa pasar," katanya.

"Antusiasme developer atas sistem operasi biasanya merupakan indikator utama keberhasilan penjualan perangkat," katanya.

No comments:

Post a Comment