Saturday, May 19, 2012

Kebersihan Gerbong Kereta Api dan Stasiun Adalah Tanggung Jawab Kepala Stasuin

Waktu libur panjang dimanfaatkan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan untuk menginspeksi kebersihan stasiun-stasiun dan gerbong-gerbong kereta api. Jika kotor, kepala stasiun yang bersangkutan akan dicopot.

Jonan yang hari ini berkunjung ke Stasiun Wonokromo, Jawa Timur mengatakan, kondisi stasiun tersebut saat ini bersih. Demikian juga dengan kondisi gerbong kereta apinya. Ini salah satu cara yang dilakukan Jonan untuk terus meningkatkan pelayanan kereta api.

"Menurut seorang penumpang, Ibu Tutik, mengaku lebih senang naik KA sekarang, di samping ekonomis yaitu Rp 5.500 per penumpang lebih murah daripada bus Rp 8.000 dan lebih nyaman," kata Jonan , Sabtu (19/5/2012).

Jonan mengaku senang dengan kebersihan stasiun kereta api yang didatanginya itu. "Coba lihat sepintas kebersihan stasiun yang tanpa bayar airport surcharge," jelasnya.

Dia mengatakan, tiap stasiun dan gerbong kereta sudah ada standar kebersihan yang tertuang dalam peraturan menteri perhubungan dan harus dipenuhi.

"Ada standar kebersihan untuk stasiun dan kereta sesuai peraturan Menteri Perhubungan dan buku panduan internal KAI. Kalau kotor, ya diganti Kepala Stasiunnya," tegasnya.

Dikatakan Jonan, dirinya sering berkeliling dari stasiun ke stasiun lainnya untuk memantau layanan PT KAI di lapangan, termasuk saat libur panjang saat ini.

"Tukang kereta harus makin siaga di hari libur. Setiap minggu saya keliling, lintasan bergiliran," kata Jonan.

No comments:

Post a Comment