Friday, May 18, 2012

Moody Turunkan Peringkat Kesehatan 16 Bank Spanyol

 Industri perbankan Eropa kembali mengalami pukulan telak setelah lembaga pemeringkat Moody's menurunkan peringkat kredit dari 16 bank Spanyol. Langkah ini dilakukan menyusul melemahnya kemampuan pemerintah untuk mendukung beberapa bank.

Badan ini menurunkan peringkat utang jangka panjang dan peringkat deposito antara satu sampai tiga poin untuk 16 bank Spanyol dan Santander UK PLC, anak perusahaan Banco Santander SA di Inggris. 

Di antara bank yang diturunkan peringkatnya adalah dua bank terbesar Spanyol, Banco Santander SA dan Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA.

Peringkat utang dan deposito turun satu tingkat pada lima bank, dua tingkat untuk tiga bank, dan tiga tingkat untuk sembilan bank. Peringkat jangka pendek untuk 13 bank juga telah diturunkan antara satu dan dua tingkat.

Penurunan peringkat Spanyol datang tak lama setelah badan tersebut memotong peringkat 26 bank Italia pada 14 Mei, termasuk bank terbesar Italia, UniCredit dan Intesa Sanpaolo. Moody's menurunkan utang jangka panjang dan peringkat deposito bagi lembaga keuangan karena resesi, langkah-langkah penghematan yang sulit, dan utang 1,9 triliun euro.  Hal ini mengakibatkan permintaan kredit yang lebih rendah dan kerugian pinjaman lebih untuk bank Italia.

Langkah ini tidak mengejutkan. Moody's sebelumnya telah mengumumkan berencana untuk menurunkan peringkat 122 lembaga keuangan Eropa pada bulan Mei.

No comments:

Post a Comment