Monday, May 21, 2012

Pemerintah Bangun 25.000 Unit Rumah Murah Untuk Warga Miskin

Pemerintah melalui program perumahan swadaya Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membangun 250.000 rumah bagi warga miskin di sejumlah daerah tertinggal pada 2012.

"Selain pembangunan rumah untuk rakyat miskin, Kemenpera juga memberikan dana stimulan kepada warga untuk peningkatan kualitas rumah," kata Staf Ahli Menteri Perumahan Rakyat Imam Achit di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu.

Imam Achit mengatakan hal itu dalam acara peletakan batu pertama pengembangan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Kesugihan Cilacap.

Dia mengatakan, dana stimulan yang digunakan untuk peningkatan kualitas rumah yang terdiri dari atap, lantai dan dinding sebesar Rp6 juta per rumah.

Selain itu, kata dia, Kemenpera juga menyediakan dana stimulan sebesar Rp11 juta per rumah bagi rumah dalam kondisi rusak secara keseluruhan.

"Dana tersebut hanya merupakan dana stimulan untuk rakyat," kata dia menegaskan.

Menurut dia, Kemenpera juga memiliki program pembangunan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) yang ditujukan untuk anggota TNI/Polri, perguruan tinggi negeri maupun swasta, pondok pesantren dan pekerja.

Ia mengatakan, salah satu rusunawa yang telah dibangun Kemenpera berada di Solo saat wali kota setempat, Joko Widodo, akan memindahkan pedagang kaki lima.

"Tahun ini pemerintah memrogramkan pembangunan sejumlah 172 rusunawa. Program-program tersebut, dalam tahun mendatang jumlahnya akan terus ditambah sebanyak dua kali lipat, mengingat rumah adalah salah satu kebutuhan rakyat yang sangat vital," katanya.

Di samping bantuan-bantuan tersebut, kata dia, Kemenpera juga akan memberikan sejumlah bantuan antara lain sarana dan prasarana di lingkungan perumahan rakyat seperti, air bersih, air jamban dan listrik. 

"Pada prinsipnya, warga miskin akan dibuatkan rumah oleh pemerintah," kata dia menegaskan.

Secara terpisah, Staf Khusus Menteri Perumahan Rakyat, Amir Mahmudin mengatakan, pemerintah melalui Kemenpera akan memberikan bantuan pembangunan rumah untuk warga di Kabupaten Cilacap.

"Jumlahnya ada 600 unit," katanya di sela-sela peninjauan rumah warga Jalan Singalodra, Cilacap dan Desa Doplang Kecamatan Adipala.

Terkait hal itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan terima kasih kepada pemerintah khususnya Kemenpera yang telah membantu warga masyarakat Cilacap untuk memperoleh rumah yang sehat dan layak huni.

"Kami mengharapkan jumlah tersebut akan terus ditambah oleh pemerintah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga Cilacap," katanya.

No comments:

Post a Comment