Thursday, September 6, 2012

Lowongan Kerja Sektor Perikanan Butuh 10.000 Orang


 Pemerintah menargetkan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar di sektor perikanan dan kelautan. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo, perusahaan di bidang maritim berpotensi mempekerjakan sedikitnya 10 ribu karyawan baru.

"Serapan tenaga kerjanya besar karena usaha di sektor kelautan tak terlalu membutuhkan modal banyak," kata dia saat membuka bursa kerja sektor kelautan dan perikanan di Gedung SME Tower Jakarta, Selasa, 4 September 2012.

Prospek usaha perikanan, menurut Sharif, cukup cerah lantaran potensi pendapatan yang tinggi. Sebagai gambaran, bank cukup menyediakan dana kredit usaha perikanan rakyat sebesar Rp 30 triliun. Dengan modal tersebut, pendapatan yang diperoleh bisa mencapai US$ 12 miliar atau sekitar Rp 114,3 triliun per tahun, 10 kali lebih besar dari anggaran untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan. "Potensinya luar biasa," ujarnya.

Untuk memasok sumber daya terampil di sektor perikanan, Sharif mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan kurikulum pendidikan perikanan dan kelautan bagi pelajar dan mahasiswa. Salah satunya berupafactory coaching untuk Sekolah Tinggi Perikanan di seluruh Indonesia.


Selain itu, pelaksanaan bursa tenaga khusus di sektor maritim bisa menjaring sumber daya manusia yang potensial. "Kami berharap kegiatan semacam ini mampu menghasilkan 9.000 tenaga kerja baru," katanya.

1 comment:

  1. pak, kira" lowongan kerja di bidang perikanan dan kelautannya di buka kapan???

    ReplyDelete