Thursday, September 20, 2012

Masyarakat Kecil Tidak Kena Kenaikan Tarif Listrik

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menjamin masyarakat kecil pengguna listrik 450 dan 900 watt tidak akan terkena imbas rencana kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) sebesar 15 persen yang akan diberlakukan awal 2013.

"Jadi untuk listrik tahun depan (2013), di APBN yang baru itu akan disesuaikan menambah 15 persen. Itu pun kami usulkan kepada DPR yang pengguna listrik 450 dan 900 watt tidak kena kenaikan, artinya masyarakat kecil tidak kena kenaikan," kata Jero Wacik, di Kota Bandung, Rabu.

Ditemui usai menghadiri silahturahmi Dharma Wanita Kementerian ESDM, di Kantor Badan Geologi Kementerian ESDM Kota Bandung, Jero Wacik mengatakan kenaikan TTL awal tahun 2013 tersebut akan dibebankan pada masyarakat pengguna listrik di atas 1.300 watt.

"Yang kena kenaikan itu adalah yang 1.300 ke atas. Atau yang sudah punya AC (pendingin ruangan), punya TV tiga masa nggak mau naikkan listriknya sedikit. Kalau kita hitung-hitung naiknya itu ada yang Rp3 ribu per bulan ada yang Rp5 ribu per bulan. Memang beban tapi tidak berat lah tapi dibandingkan beli pulsa lebih sedikit lah," katanya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik dengan rencana kenaikan TDL tersebut karena pemerintah sudah menghitung dan mengkalkulasikan dengan benar rencana kenaikan TTL itu dengan semua DPR.

"Jadi jangan terlalu resah lah, listrik naik wah jadi gimana gitu. Kami menghitung dan kami tahu kok bagaimana perasaan rakyat agar naiknya ini tidak terlalu kaget," ujar dia.

Dikatakannya, kenaikan TTL yang naik 15 persen pada tahun 2013 juga akan dilakukan dengan dua metode pertama ialah kenaikannya dibagi per tiga bulan dan kedua ialah kenaikannya dibagi per satu bulan. 

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat khususnya pelanggan listrik dari kalangan industri untuk bisa mengerti maksud dari kenaikan TTL itu.

"Jadi wajar saja kalau penolakan, semua menolak (TTL) naik. Tapi saya minta industri mengerti," katanya.

No comments:

Post a Comment