Friday, September 14, 2012

Paviliun Rumah Indonesia di Pameran MACEF Milan Italia Berhasil Raih Kontrak

aviliun "Rumah Indonesia" di pameran MACEF Milan Italia pada 6-9 September lalu berhasil meraih berbagai kontrak dagang dan transaksi "trial order" dari berbagai produk yang ditawarkan dalam pameran produk rumah, dekorasi, interior, furnitur dan kerajinan tangan terbesar di Italia itu.

Siaran Pers Kemendag yang diterima di Jakarta, Jumat menyebutkan selama pameran berlangsung tercatat telah terjadi transaksi trial order senilai 10.500 Euro untuk produk "handbag and clutch" dari pembeli Italia dan kontrak dagang senilai 300.000 dolar AS untuk pengiriman green coffee bean ke Trieste, Italia.

Selain itu, tercatat juga transaksi on the spot senilai lebih dari 2.000 Euro untuk produk kain tenun, tas tangan dan clutch, basket dan box, laptop case dan pen case.

Pada partisipasi kali ini, Indonesia kembali mengusung tema "Remarkable Indonesia" dengan konsep "Rumah Indonesia" di atas lahan seluas 200 meter persegi. Paviliun Indonesia terletak di Hall 10 nomor F02-G09 berdampingan dengan paviliun negara lain yaitu India dan Tunisia.

Pameran MACEF kali ini diikuti oleh 1.570 peserta. Jumlah ini menurun dibandingkan penyelenggaraan MACEF Januari 2012 yaitu 1.877 perusahaan. Berdasarkan pengamatan di lapangan, pengunjung pameran MACEF kali ini juga mengalami penurunan.

Penurunan peserta dan pengunjung yang cukup signifikan tersebut disebabkan oleh krisis ekonomi yang melanda Eropa dan berdampak terhadap penurunan daya beli masyarakat Eropa. 

Penurunan jumlah buyers juga dirasakan oleh peserta dari negara-negara lainnya.

Paviliun "Rumah Indonesia" dibuka pada 6 September 2012 oleh Yasmin Wirjawan selaku Ketua DEKRANAS Bidang Pameran dan Kerja Sama Luar Negeri didampingi oleh Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Roma, Priyo Iswanto.

Produk-produk di Rumah Indonesia banyak menarik minat buyers yang berkunjung khususnya dari sisi desain dan bahan baku yang digunakan. 

Aktivitas yang memikat pengunjung antara lain adalah demo pembuatan tenun Ulap Doyo. Pengunjung kagum dengan eksklusivitas serat alami yang digunakan sebagai bahan baku serta ketekunan dan ketelitian perajin yang membuatnya.

Pembuatan dan pembagian minuman kopi premium Indonesia oleh Barista dari Morning Glory Coffee juga sangat menarik pengunjung yang memuji cita rasa kopi Indonesia. 

No comments:

Post a Comment