Thursday, September 6, 2012

Realisasi Ekspor Hasil Laut Indonesia Tembus US$ 2 Miliar

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan realisasi ekspor produk laut sebesar US$ miliar naik 19 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. "Realisasi ekspor tahun ini ditargetkan US$ 4 miliar," kata Direktur Jenderal Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut P. Hutagalung Kamis, 6 Februari 2012.

Saut mengatakan ekspor paling tinggi adalah pengalengan ikan dengan pasar terbesar Afrika dan Timur Tengah, disusul rajungan dan jenis kakap. Udang yang selama ini menjadi primadona ekspor menurut Saut, mengalami penurunan. Alasannya, pola permintaan ekspor beralih ke jenis ikan dasar lainnya.

Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan ekspor hasil perikanan Desember tahun lalu sudah mencapai US$ 3,5 miliar. Sedangkan impor kurang dari US$ 500 juta. 

Menurut Cicip saat ini pendapatan domestik bruto dari sektor perikanan sudah mencapai 6,8 persen. "Produksi juga meningkat 25 persen dari Januari hingga April," ujar Cicip.

No comments:

Post a Comment