Wednesday, March 26, 2014

Daftar Atlet Yang Kaya Karena Sponsor dan Branding

Bukan hal aneh jika para atlet kelas dunia hidup bergelimang harta, hanya di Indonesia saja justru pengurus organisasinya lebih kaya. Gaji bulanan dari klub atau honor setiap pertandingan yang mereka terima nilainya bisa mencapai puluhan miliar rupiah, mengalahkan pendapatan para CEO atau eksekutif perusahaan ternama.

Para atlet pun punya sumber pendapatan lain yang membuat dompet mereka semakin tebal. Dana tersebut berasal dari sponsor atau lazim disebut endorsement, yang mengontrak mereka sebagai bintang iklan atau duta produk tertentu. 

Atlet yang memiliki reputasi gemilang biasanya di-endorse oleh produk terkenal. Nilai kontrak pembayarannya bisa mencapai triliunan rupiah. Belum lagi sokongan berupa produk khusus bagi si atlet yang bisa digunakan selama bertanding.

Situs Business Insider punya daftar atlet yang menggenggam nilai kontrak endorsement triliunan rupiah. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Derrick Rose Cabang olahraga: bola basket
    Sponsor: Adidas
    Nilai kontrak: US$ 200 juta (Rp 2,3 triliun)
    Masa kontrak: 13 tahun
  2. Rory Mc Ilroy Cabang olahraga: golf
    Sponsor: Nike
    Nilai kontrak: US$ 200 juta (Rp 2,3 triliun)
    Masa kontrak: 10 tahun
  3. David Beckham Cabang olahraga: Sepakbola
    Sponsor: Adidas
    Nilai kontrak: US$ 160 juta (Rp 1,8 triliun)
    Masa kontrak: seumur hidup
  4. Tiger Woods Cabang olahraga: golf
    Sponsor: Nike
    Nilai kontrak: US$ 100 juta (Rp 1,1 triliiun)
    Masa kontrak: 5 tahun
  5. LeBron James Cabang olahraga: bola basket
    Sponsor: Nike
    Nilai kontrak: US$ 93 juta (Rp 1,05 triliun)
    Masa kontrak: US$ 7 tahun
Petenis putri Maria Sharapova, Serena Williams, Li Na dan Victoria Azarenka masuk dalam daftar perempuan terkaya di dunia versi Majalah Forbes 2013, yang diterbitkan pertengahan tahun ini. Keempatnya berada dalam jajaran tujuh atlet perempuan yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia.

Maria Sharapova asal Rusia menduduki peringkat pertama dari 10 perempuan terkaya di dunia. Total kekayaannya per Juni lalu, mencapai 29 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 301,6 miliar (1 dollar= Rp 10.400).

Petenis Amerika, Serena Willliams berada di urutan ke 68, dengan kekayaan 20 juta dolar Amerika (Rp 208 miliar) . Sedangkan bintang Asia, Li Na di posisi ke 85, yang memiliki kekayaan 18,2 juta dolar Amerika (Rp 189,2 miliar).

Sedangkan atlet non tenis, Danica Patrick memiliki kekayaan sebesar 15 juta dolar Amerika (Rp 156 miliar). Pebalet ski es asal Korea Selatan, Kim Yuna, berpendapatan 6 juta dolar Amerika (Rp 62,4 miliar).

Disusul tiga pemain tenis: Caroline Wozniacki (Denmark), Agnieszka Radwanska (Polandia) dan Ana Ivanovic (Serbia) -- yang kini tidak berada di rangking 10 besar dunia.

Dari daftar 100 orang terkaya itu, Sharapova berada di urutan ke 22 dari seluruh atlet baik pria maupun wanita. Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer berada di peringkat kedua dari daftar tersebut, dengan kekayaan 71 juta dolar Amerika (Rp 738,4 miliar).

No comments:

Post a Comment