Tuesday, April 5, 2011

Laba Emiten Rata Rata Naik Sebesar 34 Persen Tahun 2010

Secara umum, laba emiten di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 mencapai Rp 170 triliun. Laba itu naik 34 persen dibandingkan tahun 2009 yang mencapai Rp 127 triliun.

Hal itu menunjukkan kenaikan indeks harga saham gabungan sebesar 46 persen tahun 2010 didukung pertumbuhan fundamental karena laba emiten yang cukup tinggi

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Ito Warsito menyampaikan hal itu kepada para wartawan seusai acara sosialisasi pemisahan rekening dana milik nasabah di Bank Mandiri, Jakarta, Selasa (5/4).

Kondisi tersebut, kata Ito, antara lain, ditunjang sejumlah perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana kepada publik.

Perihal laporan keuangan perusahaan anggota bursa yang dibatasi pada 31 Maret lalu, sejauh ini sebagian besar sudah menyampaikan. Hanya sekitar dua perusahaan yang disuspensi, yang belum menyampaikan laporan.

Kemarin, dalam sosialisasi pemisahan rekening dana nasabah, Direktur PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Ananta Wiyogo menyampaikan, rekening khusus dana nasabah digunakan untuk meningkatkan transparansi pasar modal. ”Kami minta perusahaan efek untuk memastikan nasabah sudah dibukakan rekening secara terpisah,” kata Ananta.

Sementara itu, Direktur Treasury, Financial Institutions, & Special Assets Management Bank Mandiri Thomas Arifin mengatakan, saat ini ada sekitar 1.000 rekening nasabah investor di Bank Mandiri. Diperkirakan, hingga akhir tahun akan ada 10.000 rekening dana nasabah untuk investor di bursa di Bank Mandiri

No comments:

Post a Comment