Wednesday, January 8, 2014

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Dapat Sertifikat ISO 50001

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill, anak usaha dari Asia Pulp & Paper (APP), mengumumkan telah menerima sertifikasi ISO 50001 atas keberhasilannya dalam mengelola penggunaan energi. Direktur Corporate Affairs and Communications APP, Suhendra Wiriadinata, mengatakan pabrik PT Indah Kiat Pulp & Paper – Tangerang Mill merupakan pabrik pertama dari industri pulp and paper di Indonesia dan Asia Tenggara yang mendapat sertifikasi tersebut.

Dengan penerapan Sistem Manajemen Energi ISO 50001, diharapkan dapat mengoptimalkan pemakaian dan menurunkan biaya energi dalam proses produksi. Tujuannya adalah meningkatkan daya saing di pasar global. “Kami akan terus berkomitmen mendukung program-program konservasi energi dan penurunan emisi gas rumah kaca yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” katanya dalam keterangan tertulisnya 8 Januari 2014.

Perseroan telah melaksanakan program pengehematan energi pada semua proses, termasuk aspek produksi, antara lain mencakup perencanaan Energi, implementasi dan operasi, serta pengecekan.

ISO 50001 dicoba dan diuji berdasarkan model PLAN-DO-CHECK-ACT (PDCA) siklus manajemen sistem yang sudah dipahami dan dilaksanakan oleh organisasi di seluruh dunia setelah standar sistem manajemen ISO lainnya, seperti ISO 9001 dan ISO 14001. “ISO 50001 ini dimaksudkan untuk mendorong pengurangan konsumsi energi, emisi gas rumah kaca, dan dampak lingkungan lainnya yang terkait,” kata Suhendra.

Sepanjang semester pertama tahun lalu, perusahaan bubur kertas ini membukukan kenaikan laba bersih hingga 439,31 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada semester I 2013, laba yang diraup perseroan mencapai US$ 85,99 juta.

No comments:

Post a Comment