Monday, February 10, 2014

Perusahaan George Soros Raup Untung 55 Triliun

Perusahaan pengelola dana investasi global (hedge fund) paling sukses di dunia adalah Quantum Endowment milik George Soros. Tahun lalu, perusahaan ini meraup untung US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 55 triliun. 

Berdasarkan peringkat yang dibuat LCH Investments soal 20 hedge fund terbaik di dunia, perusahaan Soros mengalahkan perusahaan milik Ray Dalio, yaitu Bridgewater Pure Alpha, yang sebelumnya merajai bisnis hedge fund.

Dikutip dari CNBC, Selasa (11/2/2014), Soros, yang pernah dikenal menggegerkan Inggris karena aksi spekulasi yang menjatuhkan poundsterling di 1992, memang menjadi orang kaya dari bisnis investasi globalnya. Direktur Investasi Quantum yaitu Scott Bessent, menjadi jagoan Soros untuk mengelola dana-dana investasi.

Chairman LCH Investment Rick Sopher mengatakan, perusahaan Soros bisa sukses karena banyaknya manajer investasi yang bertalenta, dan bisa meneruskan bisnis dengan cara seperti Soros. 

Secara total, pada tahun lalu, bisnis hedge fund berhasil meraih keuntungan US$ 192 miliar atau sekitar Rp 1.920 triliun. Sementara 20 besar hedge fund meraup US$ 55,4 miliar atau Rp 554 triliun untuk para investornya.

Menurut laporan LCH tersebut, keuntungan para hedge fund ini 70% didapat dari investasi di sektor saham.

No comments:

Post a Comment