Friday, February 28, 2014

Microsoft Diturun Peringkat di Daftar Fortune

Fortune kembali merilis peringkat perusahaan yang paling dikagumi di dunia, Kamis, 27 Februari 2014. Dalam daftar tahunan ini, Apple kembali menduduki puncak tangga, tapi di bagian bawahnya ada sesuatu yang menarik: Microsoft turun dari posisi 17 pada 2013, ke posisi 24 pada 2014.

Angka itu menempatkan perusahaan tersebut jauh di belakang saingannya saat ini dalam perang platform: Amazon menempati posisi kedua dan Google mengambil posisi ketiga.

Mengapa terjadi gap yang begitu lebar antara Microsoft dan musuh-musuhnya? "Bisa jadi bahwa meskipun mengalami beberapa kuartal pendapatan yang kuat, reputasi Microsot yang lama tergerus di era baru mobile telah menyeretnya ke posisi yang lebih rendah," tulis Techcrunch, Kamis, 27 Februari 2014.

Berikut masukan Fortune untuk Microsoft :

Pertanyaan tentang siapa yang akan mewarisi CEO Microsoft menggerogoti raksasa teknologi itu sangat besar pada 2013, tapi, pada akhirnya, pemimpin baru Satya Nadella tiba sesaat setelah ada prospek meraih laba yang cerah dan penjualan yang kuat dari Xbox, tablet, dan layanan cloud komersial.

Sekarang terserah pada veteran perusahaan yang telah beridir 22 tahun itu untuk memetakan arah baru bagi perusahaan melalui cloud, mobile, dan perangkat--sementara pendahulunya Bill Gates dan Steve Ballmer terus memantau dari kursi dewan mereka.

Daftar Fortune ini didasarkan pada tanggapan para pemimpin bisnis di seluruh dunia. Jadi, sementara pengelompokan ini semacam tes kesombongan bisnis tahunan, ia juga merupakan barometer untuk menyatakan pendapat pasar pada perusahaan yang bersaing: siapa yang akan naik dan yang tergelincir di mata pelanggan potensial mereka.

Dan akhirnya, mengingat ketatnya pasar tenaga kerja saat ini di bidang teknologi, reputasi bisa menjadi senjata ketika berbicara soal pencarian bakat. Sebaliknya, kurangnya reputasi dapat menjadi kelemahan materiil.

No comments:

Post a Comment