Friday, February 28, 2014

Pertamina Buka Sumur Minyak Baru Di Bekasi

PT Pertamina EP mengembangkan kawasan eksplorasi minyak ke arah pesisir pantai utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lokasi sumur baru itu mendekati tepi laut di Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muaragembong.

Kepala Hubungan Masyarakat PT Pertamina EP Hasnul Saleh menjelaskan potensi minyak daerah pesisi Bekasi mampu mendukung upaya pemenuhan kebutuhan minyak nasional."Potensi itu terlihat dari hasil seismik beberapa waktu lalu," katanya, Jumat, 28 Februari 2014.

Hasnul tak menyebutkan jumlah cadangan minyak di wilayah itu. Tetapi secara umum hasil minyak dari pengoboran di wilayah utara Kabupaten Bekasi cukup besar. Sebagai gambaran, 12 sumur minyak yang sudah ekplorasi di Desa Sukaringin, Jayabakti, Sindang Jaya, dan Sukakerta, menghasilkan 1.900 barrel oil per day (BOPD). Rencananya, ada dua sumur minyak lagi di lokasi baru Kecamatan Muaragembong yang akan diekplorasi. "Pengeboran dimulai Juni mendatang setelah infrastruktur jembatan dan jalan siap."

Hasnul menjelaskan, untuk menunjang aktivitas eksplorasi Pertamina EP akan membangun jembatan dan jalan karena akses ke ladang minyak Muaragembong terputus. Pembangunan akan dimulai Maret 2014 ini.

Sejak 2008-2012, Pertamina EP telah mambangun infrastruktur jalan untuk memudahkan akses ke wilayah pengoboran. Selama periode tersebut, Pertamina EP telah menyelesaikan pembangunan jalan beton bertulang sepanjang 23,45 kilometer di Kecamatan Babelan, Kecamatan Sukawangi, dan Kecamatan Cabangbungin, yang menghabiskan biaya sebesar Rp 35,8 miliar. "Selain bertujuan untuk memperlancar akses mobilisasi pekerjaan Pertamina EP juga berdampak positif terhadap peningkatan sosial ekonomi masyarakat setempat," ujar Eksploration and New Discovery Project Director PT Pertamina EP Doddy Priambodo.

Selain membangun sarana jalan, Pertamina EP melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) dengan membangun Kantor Desa Jayabakti dan Kantor Desa Sukaringin dengan biaya Rp 923 juta.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin menyambut baik rencana Pertamina EP memperluas wilayah eksplorasi minyak. Menurutnya, Kabupaten Bekasi di wilayah bagian utara memiliki potensi alam cukup baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan nasional. "Dengan adanya perusahaan minyak kita harapkan berdampak baik terhadap pembangunan di Kabupaten Bekasi," terang Neneng.

No comments:

Post a Comment