Wednesday, November 26, 2014

Era Industri Murah Cina Sudah Lewat

Bos Lippo Group, Mochtar Riady, optimistis terhadap masa depan perekonomian Indonesia, khususnya bidang industri. Ia mengatakan industri Indonesia akan sangat maju. "Sekarang adalah era industri Indonesia," ujarnya di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa, 25 November 2014.

Mochtar bahkan berani mengatakan dominasi Cina di bidang industri pada 30 tahun terakhir sudah lewat masanya. Menurut dia, Indonesia mempunyai banyak potensi. Tidak hanya dari posisi secara geografi, tapi juga secara kerja sama ekonomi. Secara geografi, tutur Mochtar, Indonesia sangat diuntungkan dengan letaknya yang sangat strategis dan dilalui oleh jalur sutra.

"Indonesia (juga) berada di tengah-tengah kekuatan besar," katanya. Sebagai tambahan, Presiden Joko Widodo mengatakan akan jorjoran membangun infrastruktur dalam lima tahun ke depan. Infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan jalan tol laut dan puluhan pelabuhan baru. Proyek-proyek tersebut bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Cina.

Selanjutnya, Mochtar menuturkan anggapan bahwa Indonesia tidak bisa bersaing di dunia internasional adalah salah. Dia meyakinkan bahwa bisnis-bisnis Indonesia yang tersebar di Singapura dan Hong Kong, sebagai contoh, semuanya berjalan lancar.

Mochtar mengakui bahwa Indonesia masih memiliki banyak masalah, seperti birokrasi yang rumit dan berbiaya mahal. Namun, ujar dia, masalah itu bukanlah halangan, tapi justru harus segera diselesaikan. "Masalah kita adalah peluang kita," ujarnya.

No comments:

Post a Comment