Saturday, November 15, 2014

Mainan Diecast Banyak Peminat Di Indonesia

Pameran mainan diecast, Indonesia Diecast Expo (IDE) 2014, untuk pertama kalinya resmi digelar hari ini di Jakarta. Ketua panitia IDE 2014, Arya Lembana mengungkapkan, antusiasme masyarakat pada mainan diecast cukup besar.

"Ini merupakan yang pertama kalinya penyelenggaraan festival diecast di Indonesia. Tujuannya adalah menjadi barometer untuk industri diecast yang saat ini cukup besar menurut kami," ujar Arya kepada ANTARA News, di Jakarta, Sabtu (15/11).

Lebih lanjut, Arya mengatakan, antusiasme masyarakat pada mainan diecast salah satunya terlihat dari jumlah komunitas pecinta diecast yang hampir tersebar di seluruh Indonesia. Dalam pameran ini saja, kata dia, sekitar 64 komunitas pecinta mainan diecast dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Tasikmalaya (Jawa Barat), Bali, Kalimantan dan Sulawesi, ikut serta.

"Dari 64 komunitas ini, sebanyak 16 komunitas merupakan pencinta jenis diecast mobil. Sementara sisanya, pesawat, kapal laut, sepeda motor dan kereta api," ungkap Arya.

Tak hanya komunitas dari dalam negeri, kata Arya, tetapi juga dari luar negeri yakni, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam, turut berpartisipasi dalam pameran kali ini.

Hal ini, menurut dia, bisa saja meningkatkan cakupan pameran diecast yang semula berskala nasional menjadi internasional. Dengan kata lain, pameran ini bisa saja menjelma menjadi ajang internasional yang merupakan agenda wajib para diecaster sejati di dunia.

Mainan diecast sendiri merupakan mainan atau model yang diproduksi menggunakan metode die casting, yakni melalui proses melelehkan logam kemudian dituang untuk dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Mainan yang biasa menggunakan metode die casting biasanya adalah mainan model skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api.

Arya mengatakan pelaksanaan IDE 2014, selain bertujuan menjadi barometer untuk industri diecast Indonesia, pameran yang pertama kalinya diselenggarakan ini diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata Indonesia.

Kemudian, lanjut dia pameran ini juga diharapkan dapat merangkul semua golongan yang berkiprah di dunia diecast.

"Kita rangkul semua golongan yang main diecast, kolektor, seller seller diecast tradisional dan resmi Indonesia. Di sini kami didukung Asosiasi Importir Mainan Indonesia (AIMI), itu adalah distributor resmi dari beberapa merek yang melakukan penjualan di modern channel. Satu lagi, kami juga mengakomodir seller yang kami sebut tradisional, karena mereka biasanya berjualan online dan kalaupun offline, tokonya biasanya sendiri," kata dia.

Indonesia Diecast Expo 2014 diadakan selama dua hari sejak 15 November ini hingga 16 November mendatang di Gedung Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan.

No comments:

Post a Comment