Friday, November 21, 2014

Pertumbuhan Milyarder Di Dunia Meningkat Secara Fantastis

Populasi orang super kaya di dunia terus bertambah. Survei terbaru, ada sebanyak 12.040 orang sangat tajir alias ultra high net worth (UHNW) bertambah pada periode setahun terakhir. Ribuan kaum kaya raya ini adalah mereka yang memiliki duit sedikitnya 30 juta dollar AS.

Pertumbuhan orang kaya raya ini menembus rekor baru. Jumlah kaum super kaya mencapai 211.275 individu atau naik 6 persen per Juni 2014, secara tahunan (year on year). Berdasarkan laporan lembaga riset Wealth-X dan UBS, total harta kelompok UHNW mencapai 29,7 triliun dollar AS. Jumlah itu bertambah 2 triliun dollar AS dari tahun sebelumnya.

Sebagai gambaran, total harta orang kaya ini hampir dua kali lipat dari produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) yang sebesar 17 triliun dollar AS. Kendati harta orang tajir tersebut tumbuh subur, kekayaan mereka berisiko tinggi.

"Karena sekitar 25 persen total harta dalam bentuk cash sehingga berpotensi susut karena inflasi. Sebagian lagi memegang obligasi Jerman dan AS yang prospeknya masih negatif," ujar Simon Smiles, Chief Investment Officer UBS Wealth Management, seperti dikutip CNBC, Rabu (19/11/2014).

Risiko lain, Smiles menambahkan, dua pertiga dari harta orang super kaya ini tergabung dalam bisnis inti. Ada juga faktor volatilias pasar finansial dan politik yang masih menghantui kekayaan para jutawan.

Jutawan Asia
Prediksi Wealth-X dan UBS, populasi kaum tajir dunia menembus angka 250.000 orang dalam tempo lima tahun mendatang, tumbuh 18 persen dari posisi tahun ini. Lima tahun lagi, total kekayaan kelompok UHNW diperkirakan mencapai 40 triliun dollar AS. Kawasan Asia diramal menjadi mesin utama kelahiran orang kaya baru.

Jutawan asal Asia menempati urutan ketiga pada peringkat populasi UNHW. Setahun terakhir, pergerakan harta jutawan Asia tumbuh tipis. Penyebabnya adalah perlambatan ekonomi yang berimbas terhadap jutawan Jepang dan China.

Hingga Juni 2014, miliarder asal AS masih mendominasi populasi jutawan dunia atau sebanyak 69.560 jutawan tinggal di AS.

Secara total, benua Amerika Utara dan Eropa mendominasi populasi kaum UHNW dunia tahun ini. Sementara, harta jutawan Timur Tengah dan Afrika tumbuh tertinggi selama setahun terakhir. Smiles menyatakan, pertumbuhan populasi kaum kaya raya ini menjadi mesin utama pertumbuhan produk mewah. Tahun lalu, kaum UHNW menyumbang lebih dari 19 persen terhadap total belanja pasar barang mewah di dunia.

No comments:

Post a Comment