Microsoft menginvestasikan US$ 15 juta (Rp 180 miliar) di Foursquare sebagai bagian dari kesepakatan lisensi yang akan menggabungkan data layanan berbasis lokasi itu ke dalam platform web dan mobileMicrosoft. Kesepakatan empat tahun itu--diumumkan Selasa, 4 Februari 2014--menjadikan Microsoft pemegang lisensi terbesar data Foursquare.
"Dalam waktu dekat, ketika Anda menggunakan perangkat Microsoft yang didukung oleh sistem operasi Windows dan Windows Phone serta produk-produk seperti Bing, tempat akan didukung oleh Foursquare untuk memberikan pengalaman kontekstual dan rekomendasi terbaik dari setiap layanan di dunia," tulis Foursquare dalam sebuah posting blog untuk mengumumkan kemitraan itu, sebagaimana dikutipMashable, Selasa, 4 Februari 2014.
Bagaimana persisnya Microsoft akan menggunakan data melimpah Foursquare, yang mencakup segala sesuatu dari informasi lokasi pengguna hingga rekomendasi dan tip pribadi, tidak sepenuhnya jelas. Namun New York Times melaporkan bahwa Microsoft akan menggunakan data Foursquare untuk memperkuat pencarian di Bing dan platform Windows Phone 8.
Juru bicara Foursquare menolak mengomentari perincian spesifik dari kesepakatan itu, seperti apakah kemitraan itu berarti Foursquare akan menggeser lebih banyak sumber dayanya untuk mengembangkan produk-produk Windows Phone 8. Namun perusahaan itu menyatakan saat ini mempekerjakan pengembang Windows Phone 8 internal baru.
Kesepakatan itu adalah yang terbaru dari serangkaian langkah Foursquare yang bertujuan untuk meningkatkan upaya monetisasinya. Pekan lalu Foursquare mengumumkan kemitraan dengan GrubHub Seamless, meskipun menolak untuk mengomentari perincian keuangan perjanjian itu.
Perusahaan ini pada bulan Desember lalu mengumumkan telah mendapat tambahan US$ 35 juta dalam pendanaan setelah membuka iklan untuk semua bisnis pada bulan Oktober.
No comments:
Post a Comment