Wednesday, July 16, 2014

Jelang Lebaran 400.000 Kursi Pesawat Masih Belum Laku Terjual

Kementerian Perhubungan menambah frekuensi penerbangan untuk mengangkut masyarakat yang hendak mudik lebaran. Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murdjatmodjo mengatakan akan ada 28 rute extra flight penerbangan selama 16 hari sejak H-7 hingga H+7 setelah lebaran.

"Totalnya ada 1.018 frekuensi ekstra penerbangan nantinya," katanya di Hotel Milenium, Rabu, 16 Juli 2014. Dengan demikian, tercatat setidaknya 402.378 penumpang yang akan terangkut pada penerbangakan extra flight. Sedangkan untuk rute internasional, tercatat 79 frekuensi penerbangan dengan kapasitas 29.440 tempat duduk. Djoko mengatakan lima maskapai telah mengajukan extra flight. Di antaranya adalah Lion Air, Sriwijaya Air, AirAsia Indonesia, Garuda Indonesia dan Citylink Indonesia.

Dia mengatakan jika di dalam tambahan penerbangan dirasa kurang, maskapai dipersilakan meminta extra flight lagi. "Kalau pun sudah meminta tetapi tidak dilaksanakan (digunakan), tidak apa-apa. Yang penting kami memastikan penumpang terlayani," katanya.

Djoko mengatakan saat ini sekitar 90 persen tiket pesawat telah terjual. Namun masyarakat tidak perlu gusar karena masih ada tiket pesawat dari tambahan extra flight. Penambahan extra flight ini ditujukan untuk menjawab penerbangan pada rute padat penumpang. Di antaranya rute padat itu adalah Jakarta- Semarang, Jakarta - Surabaya dan Jakarta - Yogjakarta.

Empat maskapai penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang mengajukan penambahan jam penerbangan atau ekstra flight. Sejumlah maskapai itu meliput Lion Air, Sriwijaya, Kall Star dan Trigana. "Masing-masing mengajukan antara dua hingga 8 ekstra flight, total ada 16 tambahan yang diajukan," kata General Manager Angkasa pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Priyo Jatmiko, Rabu 16 Juli 2014.

Menurut Priyo, sejumlah pengajuan tambahan penerbangan itu meliputi Lion air mengajukan 8 ekstra flight, Sriwijaya 2 ekstra flight, Kall Star 4 ekstra flight dan Trigana 2 ekstra flight. Penambahan ekstra flight itu mulai berlaku tanggal 24 hingga 28 Juli 2014 mendatang, sedangkan pengelola Bandara Ahmad Yani saat ini masih menyediakan tambahan jam penerbangan. "Saat ini sudah ada 16 penambahan penerbangan yang telah dijadikan slot time. Namun pada prinsipnya kami masih menerima jika ada airlines yang mengajukan," kata Priyo menambahkan.

Ekstra flight itu dijamin tak mengganggu jam operasional bandara yang saat ini masih dimulai sejak pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB. Priyo juga siap melayani bila ada permintaan ekstra flight di luar jam operasional tersebut.

Pengelola Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo memprediksi arus mudik di bandara yang berada di ibu kota provinsi Jawa Tengah itu akan terjadi pada H-2 lebaran, sedangkan pemudik dengan angkutan penerbangan di Kota Semarang diperkirakan akan meningkat antara 10 hingga 15 persen dibandingkan tahun 2014. "Pada puncak arus mudik tahun lalu bisa mencapai 6.500 orang per hari. Tahun ini pasti meningkat oleh ekstra flight," katanya.

Prediksi Priyo menjadi alasan PT Angksa Pura I meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang di Bandara Ahmad Yani selama arus mudik dan balik lebaran tahun 2014. Langkah itu dilakukan dengan cara menyiapkan posko lebaran mulai H-5 hingga H+5 lebaran.

No comments:

Post a Comment