Tuesday, July 15, 2014

Tarif Data Mulai Alami Kenaikan Menjelang Lebaran

Indosat memperkirakan kenaikan trafik datanya selama Lebaran akan naik 49 persen dari hari biasa, atau menjadi 300 terabita per hari. "Kami perkirakan puncak penggunaan layanan data, sms, dan voice (telepon) akan terjadi pada H-1, hari-H, dan H+1 lebaran 2014," kata juru bicara PT Indosat Tbk, Adrian Prasanto ketika dihubungi, Selasa 15 Juli 2014.

Adrian melanjutkan, dibandingkan layanan sms dan voice, penggunaan layanan data diprediksi mengalami peningkatan yang lebih tinggi karena saat ini seluruh dunia sudah saling terkoneksi satu dengan lainnya. Bahkan layanan data atau penggunaan internet telah dapat menjangkau untuk menhidupkan alat-alat rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, dan lainnya. "Sebagian besar untuk penggunaan data oleh konsumen digunakan untuk keperluan sosial media, chatting, browsing, dan internet streaming," kata Adrian.

Untuk aplikasi chatting/direct message sendiri, berdasarkan catatan Indosat menurut Adrian, konsumen Indosat lebih banyak menggunakan aplikasi WhatsApp, dibandingkan aplikasi lain seperti Line, Kakao, dan lainnya.

Sementara itu, trafik SMS sejak awal Ramadan, diperkirakan terjadi kenaikan sejumlah 910 Juta SMS per hari, atau naik 15 persen dibanding hari biasa. Sedangkan pada saat Lebaran, Indosat memperkirakan terjadi kenaikan sejumlah 1038 Juta SMS per hari, atau naik 31 persen dibandingkan hari biasa.

Dari sisi voice, Indosat memperkiraan kenaikan trafik voice Lebaran menjadi 409 juta menit pembicaraan per hari, atau naik 11,18 persen dibanding hari biasa. Sedangkan trafik voice sejak awal Ramadan, Indosat memperkirakan terjadi menjadi 396 juta menit pembicaraan per hari, atau naik 7,6 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Adrian menambahkan bahwa Indosat telah mengantisipasi kepadatan trafik layanan data, sms, dan voice ketika Ramadan dan Lebaran, dengan meningkatkan kapasita. Untuk data, Indosat telah meningkatkan kapasitas hingga 335 terabita per hari; kapasitas SMS hingga 1,45 miliar SMS per hari; dan kapasitas voice hingga 924 juta menit pembicaraan per hari.

Operator seluler XL Axiata memperkirakan, pada Ramadan dan Lebaran akan terjadi lonjakan trafik antara 5 - 30 persen dari trafik normal sehari-hari pada layanan data, sms, dan voice. Namun, perusahaan memastikan semua sumber daya terkait jaringan, baik para teknisi juga perangkat, akan siaga 24 jam sehari. selama libur Lebaran 2014. "Sehingga pelanggan atau masyarakat dapat lancar bersilaturahmi dan beribadah," kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, Selasa siang, 15 Juli 2014.

Data XL menunjukkan bahwa di luar Ramadan, XL melayani trafik voice atau percakapan hingga 510 juta menit per hari; trafik SMS sebesar 700 juta SMS per hari; dan trafik data sebesar 325 terabita per hari. Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis data yang menunjukkan secara umum bahwa operator-operator seluler di Indonesia akan mengalami peningkatan layanan data sebesar 35 persen dibanding hari biasa. Sementara layanan sms naik 15 persen, dan voice telepon/layanan suara sebesar 5 persen.

XL mengklaim bahwa saat ini jaringan mereka di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 45.600 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G), juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa. Melalui jaringan kabel bawah laut, fiber optic itu menyambung ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. Keseluruhan BTS tersebut diharapkan dapat melayani sekitar 68,5 juta pelanggan.

No comments:

Post a Comment