Friday, July 18, 2014

PT Cinemaxx Global Pasifik Investasi 6 Triliun Untuk Buka Bioskop Di Indonesia

Grup Lippo melalui PT Cinemaxx Global Pasifik (Cinemaxx) menapaki bisnis jaringan bioskop dengan investasi sebesar Rp 6 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan jaringan bioskop di seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

“Cinemaxx berencana untuk melakukan pengembangan jaringan ke lokasi-lokasi di daerah yang belum tersentuh oleh bisnis ini, yaitu daerah-daerah yang saat ini masih sedikit atau bahkan belum memiliki bioskop. Kami berharap dapat menghadirkan hiburan dan pendidikan film kepada jutaan penonton baru di seluruh Indonesia,” ungkap CEO Cinemaxx Brian Riady dalam siaran pers yang diterima.

Cinemaxx berencana akan mengembangkan usahanya dengan melakukan penetrasi jaringan bioskop di 300 lokasi dengan total 2.000 layar di lebih dari 85 kota, terutama kota-kota propinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia.  Indonesia masih menjadi salah satu negara yang memiliki pengembangan bioskop cukup rendah, dengan populasi penduduk ke-empat terbesar di dunia namun memiliki tidak lebih dari 900 layar bioskop. Layar yang dimiliki jaringan bioskop Cinemaxx akan berjumlah lebih dari dua kali lipat jumlah layar bioskop di Indonesia saat ini.

“Secara bersamaan, kami percaya bahwa dengan investasi di bidang pertunjukan film, kami dapat membantu untuk mengembangkan dan mendukung produksi film nasional dan industri kreatif di Indonesia,” sebutnya. Berkaitan dengan rencana tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Mari Elka Pangestu mengatakan, pihaknya menyambut baik dan sangat mendukung masuknya Cinemaxx ke dalam industri pertunjukan film di Indonesia karena akan meningkatkan jumlah layar dan bioskop serta jumlah penonton.

"Tentunya hal tersebut akan memberikan kesempatan dan “pasar” yang lebih besar bagi film nasional sehingga film nasional dapat meningkat baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya. Hal tersebut juga berarti akan lebih banyak masyarakat di seluruh Indonesia yang dapat apresiasi film Indonesia,” sebutnya.

Pada bulan September 2014, Cinemaxx akan membuka bioskop multiplex pertamanya di Palembang Icon. Cinemaxx - Palembang Icon, akan menjadi bioskop terbesar di Indonesia dengan jumlah 15 layar pertunjukan dalam satu gedung yang akan dibangun dalam dua tahap.

No comments:

Post a Comment