Tuesday, July 15, 2014

Kepemilikan Saham Di BEI Kini Bisa Di Cek Lewat ATM

PT Bank Permata Tbk dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia meluncurkan co-brandingPermata ATM dan AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) KSEI dalam bentuk kartu anjungan tunai mandiri. Fasilitas AKSes ini telah terintegrasi dengan fasilitas ATM bank.

"Melalui mesin ATM, investor dapat mengecek saldo efek yang tercatat dalam sub-rekening efek di KSEI dan saldo Rekening Dana Nasabah," kata Direktur Bank Permata Roy Arman Arfandy saat peluncuran kerja sama di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa, 15 Juli 2014.

Inovasi ini, kata Roy, merupakan langkah pengembangan infrastruktur pasar modal dengan menggandeng industri perbankan. Dia berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses kegiatan investasi di pasar modal.

Program co-branding ini menghubungkan infrastruktur pasar modal melalui AKSes atau Single Identification (SID) investor ke jaringan perbankan nasional. Selain melalui ATM, layanan ini dapat diakses melalui Internet banking dan mobile banking.

Syarat untuk mendapatkan fasilitas itu relatif mudah, yakni dengan menjadi nasabah dan memiliki rekening tabungan Bank Permata agar memperoleh kartu ATM. Selain itu, investor harus mempunyai Rekening Dana Nasabah yang dibuka oleh perusahaan efeknya di Bank Permata. Setelah melakukan registrasi di ATM, investor dapat mengakses segala informasi data saldo efek dan dana yang tercatat di KSEI melalui menu ATM.

"Bila semua SID sudah terhubung dengan ATM, dapat mempermudah transaksi investor di berbagai daerah," ujar Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi. Selain itu, kata Heri, Bank juga dapat berperan sebagai KYC (Know Your Customer) pembukaan rekening efek di perusahaan sekuritas.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Nurhaida, menilai kolaborasi tersebut sebagai terobosan untuk meningkatkan jumlah investor pasar modal. Dia berharap program ini dapat dikembangkan lebih lanjut, bukan hanya inquiry tetapi juga bisa digunakan untuk transaksi. "Kami berharap inisiatif ini dapat diikuti oleh bank-bank lain," ujar Nurhaida.

Menurut Hery, ada bank nasional yang akan menerapkan fasilitas serupa dalam waktu dekat. Namun ia enggan menyebutkan bank yang dimaksud. "Tunggu tanggal mainnya."

No comments:

Post a Comment