PT Bank Mega Tbk menargetkan menerbitkan 75.000 keping kartu kredit baru di sepanjang tahun ini, khususnya kartu kredit edisi kerja sama dengan FC Barcelona. Co-branding Bank Mega dengan klab sepakbola asal Spanyol tersebut sebetulnya juga mencakup kartu debit dan uang elektronik (e-cash).
"Tahun pertama sejak diluncurkan sekitar 75.000 kartu baru yang akan diterbitkan. Kami fokus 70 persen yang dihasilkan di Mega Barca ini dari 'customer' baru yang selama ini belum pernah memiliki kartu kredit Bank Mega," tutur Dodit Wiweko Probojakti, Direktur Kartu Kredit dan Personal Loan Bank Mega pada peluncuran co-branding Mega Barca, Senin (9/5).
Dodit mengatakan, kartu berdesain FC Barcelona ini sudah ditawarkan sejak 4 April 2016 lalu dan tercatat hampir 3.000 kartu yang sudah diedarkan. Adapun, nilzi transaksi per kartu berkisar Rp3,8 juta. Secara keseluruhan, jumlah kartu kredit beredar Bank Mega mencapai 1,7 juta keping kartu hingga April 2016. Rata-rata nilai transaksinya mencapai Rp2,3 triliun per bulan. Bank Mega mematok pertumbuhan nilai transaksinya mencapai 17 persen dari tahun lalu.
"Target outstanding balance kami sekitar Rp10 triliun. Dari sisi nilai transaksi, target pertumbuhan sekitar 17 persen dari tahun lalu yang mencapai Rp26,5 triliun," kata Dodit. Pertumbuhan nilai transaksi ini menjadi penting, karena bagi bank akan menggemukkan kantong pendapatan berbasis komisi alias fee based income. Adapun, komposisi fee based income dari kartu kredit Bank Mega hingga kuartal I 2016 ini mencapai 23 persen dari total pendapatan non bunga Bank Mega.
Dodit menambahkan, pertumbuhan kartu kredit di semester II 2016 akan meningkat sekitar 15-20 persen dibandingkan semester-I. Optimisme ini dipengaruhi oleh perayaan Ramadhan, Idul Fitri, serta liburan anak sekolah, termasuk perayaan Natal dan Tahun Baru di akhir tahun nanti.
Manajemen PT Bank Mega Tbk menargetkan bisa menambah pengguna kartu kredit sebanyak 15 ribu sampai 20 ribu orang per bulan sepanjang tahun ini. Tambahan tersebut akan memperbanyak jumlah pengguna kartu kredit Bank Mega yang sampai kuartal I 2016 mencapai 1,8 juta kartu.
Kostaman Thayib, Direktur Utama Bank Mega mengatakan target tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dicapai. Pasalnya dalam satu bulan, Bank Mega pernah menambah jumlah pengguna kartu kredit sampai 50 ribu-60 ribu. “Kesempatannya masih besar. Induk usaha kami CT Corporation memiliki Carrefour dan banyak orang yang berbelanja disana bisa menggunakan kartu kredit tersebut,” kata Kostaman, Jumat (22/4).
Terlebih lagi pada semua toko ritel yang dikelola CT Corporation, Bank Mega memberikan diskon kepada pemegang kartu secara konsisten. Misalnya, diskon yang diberikan bagi pemegang kartu sebesar 10 persen di Carrefour. Diskon lainnya juga diberikan kepada pemegang kartu untuk berbelanja diDepartment Store dan merek fesyen yang tergabung dalam CT Corporation.
"Jadi bukan tactical program yang berjalan satu minggu, satu bulan, atau tiga bulan. Ini sepanjang masa diskon," kata Kostaman. Diskon yang diberikan tersebut telah memberikan manfaat kepada pemegang kartu dan cara tersebut ampuh untuk menumbuhkan pengguna kartu kredit Bank Mega. “Masih besar peluangnya, tapi kami lihat juga kondisi ekonomi juga,” jelas Kostaman.
No comments:
Post a Comment