Monday, May 30, 2016

Pedagang Pasar Tolak Disebut Ambil Untung Besar

Seringkali para tengkulak dan pedagang dijadikan kambing hitam dari tingginya harga komoditas pangan.  Rantai pangan yang sedemikian kompleksnya jika akan dipangkas juga belum tentu dapat mengubah harga pangan di pasar.

"Kalau dibilang rantai pasok penyebab pertama tidak juga sebenarnya. Kalau pasokannya diatur sedemikian rupa, kemudian pasok titiknya menjadi pendek berarti kan mengurangi beban biaya. Tapi jika itu harus dilalui melewati kekuatan pasar yang luar biasa," jelas Sekjen Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ngadiran di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2016).

Menurutnya, peran kartel di Indonesia saat ini cukup besar dalam mengatur harga pangan di pasar. Kartel menjadi aktor utama dalam tingginya harga komoditas pangan strategis di Indonesia. Hal ini lah yang akan menjadi fokus pemerintah dalam mengurangi peran kartel dalam mengendalikan harga pangan.

"Permasalahannya kekuatan pasar yang dibilang kartel itu. Sekarang pertanyaannya di Indonesia ini siapa yang tidak ada kartelnya? Nah ini yang dilakukan Pak Menteri ini akan mengurangi atau menggerus secara bertahap," kata Ngadiran.

No comments:

Post a Comment