Tuesday, May 6, 2014

128 Hektar Sawah Hilang dalam Setahun

Dalam waktu satu tahun, seluas 128 hektar lahan persawahan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, berubah fungsi menjadi permukiman dan lahan non-persawahan. Data ini dilansir Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya tahun 2013.

"Lahan yang hilang tersebut tergolong lahan produktif dengan hasil panen signifikan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tasikmalaya, Henry Nugroho, Selasa 6 Mei 2014.

Menurut dia, laju pembangunan dan pertumbuhan jumlah penduduk tidak bisa dibendung. Hal ini berimbas kepada kebutuhan tempat tinggal yang cukup besar. "Oleh karenanya kita memerlukan pencetakan lahan pertanian baru guna mengganti 128 hektar lahan yang hilang," ujar Henry.

Dinas Pertanian, dia menjelaskan, telah mencetak 50 hektar lahan persawahan baru pada tahun 2013. Selain itu, merencanakan pencetakan lahan baru lainnya di Kecamatan Cipatujah dan Pancatengah seluas 50 hektar. Namun hal itu belum sebanding dengan luas lahan persawahan yang hilang. "Untuk lebih menambah luas lahan, kami mempersiapkan sejumlah irigasi teknis agar mampu mengairi lahan persawahan," kata dia.

Data Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, saat ini ada 49 ribu hektar lahan persawahan dengan produktifitas mencapai 883 ribu ton gabah kering pada tahun 2013. Dia mengklaim, Kabupaten Tasikmalaya telah surplus sebanyak 300 ribu ton gabah kering per tahun. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 200 ribu ton per tahun.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan pemerintah akan terus membangun sejumlah saluran irigasi di sejumlah daerah untuk mengairi lahan persawahan. Kata dia, ada lebih dari 200 saluran irigasi yang nantinya mengairi lahan pertanian masyarakat.

Saluran irigasi yang baru dibangun, Uu mencontohkan, yakni irigasi Cijalu di daerah Tasikmalaya selatan. Irigasi ini melintasi empat kecamatan; Karangnunggal, Bantarkalong, Bojongasih dan Cipatujah, serta mampu mengairi lebih dari 1.500 hektar.  "Kita upayakan membangun irigasi, sehingga tanah yang dulu tidak teraliri air sekarang mampu diairi dan mencetak lahan persawahan baru," jelas Uu.

No comments:

Post a Comment