Wednesday, May 7, 2014

Stan Kemendag Raup 14 Milyar Di Inacraft

Ajang pameran produk kerajinan, Inacraft 2014, yang digelar pada 23-27 April 2014 berhasil meraup transaksi senilai Rp 1,4 miliar. "Nilai ini sungguh menggembirakan karena naik 5,16 persen dibandingkan tahun lalu yakni Rp 1,33 miliar," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak di kantornya, Rabu, 7 Mei 2014.

Kementerian Perdagangan sendiri melalui paviliunnya yang bertema "Trade with Remarkable Indonesia" berhasil menarik lebih dari 2.500 pengunjung. Pembeli yang datang berasal dari Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Australia, India, Pakistan, Thailand, Iran, Cina, Uni Emirat Arab, Nigeria, Italia, Denmark, Jerman, Afrika, dan pembeli lokal.

Paviliun Kemendag menampilkan aneka ragam produk Indonesia yang dihasilkan dari kekayaan alam bumi Nusantara. Menempati area seluas 162 meter persegi, paviliun tersebut memfasilitasi 20 usaha kecil dan menengah yang menampilkan produk perhiasan mutiara dan perak, busana, tas dan sepatu berbahan tenun, songket, batik, kerajinan dari kerang, aluminium, kaca, anyaman bambu, serta produk spa dan aromaterapi.

Selain transaksi yang besar, produk-produk yang dipamerkan juga meraih beberapa penghargaan. Produk lilin aromaterapi dari Kandelaku dan sepatu anak desain lego dari Meta Astari meraih penghargaan dari Majalah Femina. Tak hanya itu, mangkuk keramik dengan desain frangipani (bunga kamboja) dari Celladona dan kotak penyimpanan berbahan dasar aluminium dari Passion for Handicraft berhasil meraih penghargaan Inacraft Awards 2014.

"Para pemenang ini selanjutnya meraih kesempatan diseleksi dalam kompetisi internasional untuk kerajinan, World Craft Council Awards 2014," ujar Nus.

No comments:

Post a Comment