Friday, November 7, 2014

Presiden Joko Widodo Pelajari K-Pop Untuk Genjot Industri Kreatif

Presiden Joko Widodo mengatakan akan meniru Korea Selatan dalam mengembangkan K-pop, yang merupakan singkatan dari Korean Pop. K-pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. K-pop populer di banyak negara, termasuk Indonesia.

Jokowi, nama beken Joko Widodo, mengklaim mendalami budaya K-pop secara langsung ke Korea Selatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyaksikan langsung pentas K-popsebanyak dua kali. Di pentas itu Jokowi mempelajari manajemen lampu dan panggung. "Mereka menyiapkan itu 13 tahun, enggak mendadak muncul," katanya dalam sebuah diskusi di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat, 7 November 2014.

Jokowi menilai Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan industri seperti K-pop. Kekayaan budaya seperti tari, film, fashion, dan musik Nusantara dianggap bisa lebih melesat kepopulerannya ketimbang K-pop. Syaratnya ada sentuhan manajemen dan pengelolaan yang benar.

"Jangan lighting-nya, lighting-lighting-an, dan panggungnya, panggung-panggungan," ujarnya menggambarkan kualitas lampu dan panggung konser di Indonesia yang kalah dari pentas K-pop.

Jokowi mengatakan jika pentas budaya dikelola dengan manajemen setara dengan pentas K-pop, maka pentas akan lebih populer. "Industri kreatif menyimpan kekuatan yang sangat besar," katanya.

No comments:

Post a Comment