Wednesday, July 2, 2014

ExxonMobil Investasi 10 Triliun Untuk Sebuah Kilang Minyak

Perusahaan raksasa minyak asal Amerika Serikat (AS) yaitu ExxonMobil akan menginvestasikan uang US$ 1 miliar atau sekitar Rp 10 triliun, untuk sebuah kilang minyak Antwerp, Belgia.

ExxonMobil berani berinvestasi besar, meskipun permintaan dari pasar energi di Eropa tengah turun. Lewat investasinya tersebut, ExxonMobil akan membuat satu unit kilang baru di kompleks kilang tersebut, untuk memproduksi minyak solar dan bensin kapal. ExxonMobil percaya pasar 2 jenis bensin ini akan tumbuh dalam jangka panjang.

Dilansir dari AFP, Kamis (3/7/2014), kilang-kilang merupakan faktor kunci dari proses produksi minyak dunia. Kilang memproduksi minyak mentah menjadi bensin, solar, dan juga avtur.

Industri kilang di Eropa tengah terpuruk karena rendahnya marjin keuntungan dalam beberapa tahun terakhir. Ini karena murahnya biaya produksi bensin di AS dan Asia Pasifik. Sejumlah kilang di Eropa telah tutup dan membuat ribuan orang kehilangan pekerjaan.

Tapi ExxonMobil mengatakan, dengan investasi yang dilakukan, berarti investasi total yang telah ditanam di kilang Antwerp mencapai US$ 2 miliar dalam satu dekade ini.

ExxonMobil percaya permintaan solar di Eropa akan pulih dalam beberapa dekade ke depan, khususnya untuk kendaraan truk industri dan transportasi komersial.

Antwerp merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Eropa. Kilang di pelabuhan tersebut saat ini memproduksi 320 ribu barel minyak per hari, dan beroperasi sejak 1953.

No comments:

Post a Comment