Thursday, July 3, 2014

Peruri Targetkan Pendapatan Rp 2,5 Triliun

Direktur Utama Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Prasetio menargetkan pendapatan perusahaan naik menjadi Rp 2,5 triliun pada tahun ini, dari Rp 2 triliun pada 2013. Sedangkan laba bersih, dia menargetkan sekitar Rp 200 miliar.

"Tahun lalu kan Rp 275 miliar. Tapi sebenarnya normalnya hanya Rp 160 miliar. Kenapa lebih banyak, karena tahun lalu kami menyelesaikan pesanan yang tertunda di 2012 sehingga proyeksi tahun ini naik 20 persen dari hitungan normal Rp 160 miliar ke Rp 200 miliar," kata dia kepada wartawan saat buka bersama di Restoran Sari Kuring, Kamis, 3 Juli 2014.

Prasetio menegaskan laba bersih 2013 tidak dapat dijadikan sebagai patokan pertumbuhan 2014. Sebab, 50 persen dari pesanan merupakan tugas periode 2012 yang tertunda. "Sehingga produksi benar-benar digenjot. Akhirnya naik dua kali lipat, kan," ujarnya.

Meski pemerintah sedang gencar menggalakkan e-money, ia merasa sangat optimistis dengan target tersebut. Pasalnya, kata dia, pesanan pencetakan uang kertas dan uang logam dari Bank Indonesia akan meningkat hingga lima tahun ke depan. Hingga kini kontribusi pesanan BI mendominasi sebanyak 70 persen dan sisanya dari perusahaan milik pemerintah lainnya. Selain itu, Peruri juga bakal melakukan efisiensi dan meningkatkan optimalisasi kapasitas produksi.

"Kami sudah membenahi komposisi, tidak hanya uang tapi non-uang juga. Pita cukai, pasport, logam non-uang juga tumbuh," tutur Prasetio.  Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) membeli mesin baru untuk meningkatkan kapasitas produksi sebanyak satu miliar bilyet. Direktur Utama Peruri Prasetio mengatakan dengan pembelian mesin kertas baru ini, ia menargetkan tahun ini bisa mencetak uang kertas sebanyak 6,4 miliar bilyet dan 1,9 juta keping uang logam.

“Tahun lalu kan 5,4 miliar bilyet, sekarang tambah satu miliar," kata dia kepada wartawan saat buka puasa bersama di restoran Sari Kuring, 3 Juli 2014. Prasetio menuturkan mesin baru tersebut bakal didatangkan dari Jepang. Kemungkinan mesin akan datang pada akhir September atau awal Oktober mendatang.

Ia menjelaskan sistem operasi perusahaan mempunyai sembilan lini, tapi tak semua berjalan dengan normal dan efektif. Rata-rata yang dapat beroperasi secara efektif hanya lima hingga enam lini. "Pokoknya satu lini (mencetak) satu miliar bilyet," ujarnya. Prasetio menjelaskan bahan baku pembuatan uang, terutama kertas security, diperoleh dari impor. Menurut dia, perusahaan tengah melengkapi portofolio anak perusahaan mereka, PT Kertas Padalarang, agar menjadi produsen kertas security.

Dengan proyeksi pencetakan uang tersebut, Peruri menargetkan pendapatan naik menjadiRp 2,5 triliun pada tahun ini, dari Rp 2 triliun pada 2013. Sedangkan laba bersih, dia menargetkan sekitar Rp 200 miliar.

No comments:

Post a Comment