Monday, December 29, 2014

Bisnis Mobile Entertainment Di Indonesia Bernilai USD 765 Juta

Uang yang mengalir dari industri mobile tak cuma urusan jual beli perangkat. Ekosistem mobilejuga menyimpan tambang emas.

Menurut data Vserv, platform mobile marketing berbasis smart data, khusus untuk pasar mobile entertainment di Indonesia saat ini diperkirakan sebesar USD 765 juta (dalam revenue) dan tumbuh dengan laju 4,7% per tahun (CAGR), sehingga merupakan pasar yang potensial.

Vserv melanjutkan, Indonesia memiliki total 83 juta pengguna internet. Pasar yang berkembang ini merupakan peluang besar bagi pengiklan untuk mengadopsi mobile advertising.

Saat ini, rata-rata pengeluaran pada platform digital, baru mencapai sedikit di atas 5% dari total belanja iklan. Hal ini merupakan kesempatan besar bagi pemasar dan membuat Indonesia menjadi salah satu pasar yang paling menjanjikan di Asia Tenggara.

Vserv sendiri baru saja mendeklarasikan kolaborasinya dengan XL Axiata. Kemitraan ini diklaim akan mengintegrasikan platform Vserv Smart Data dengan XL untuk menggarap bisnis mobile entertainment.

Melalui kemitraan ini, Vserv dan XL akan mengklaim memungkinkan pemasar mobile entertainment untuk menemukan target audiens yang relevan, dengan iklan yang tepat pada waktu yang tepat, berdasarkan riwayat dan perilaku pengguna.

No comments:

Post a Comment