Wednesday, December 24, 2014

Daftar Kota Yang Semua Hotelnya Sudah Penuh Menjelang Liburan Tahun Baru

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Wiryanti Sukamdani, menyatakan tingkat hunian hotel pada libur Natal dan Tahun Baru 2015 mengalami peningkatan. Bahkan hotel-hotel di tiga kota besar sudah penuh.

"Peningkatan hunian terjadi di kota besar seperti Bali, Yogyakarta, dan Jakarta," kata Yanti, Rabu 24 Desember 2014.

Menurut Yanti, di Jakarta tingkat hunian tertinggi terjadi pada hotel yang berdekatan dengan lokasi wisata. Dia mencontohkan hotel-hotel di dekat kawasan wisata Ancol yang membukukan tingkat pemesanan 50 persen sepekan sebelum tahun baru. Sedangkan untuk Bali dan Yogyakarta ada kenaikan tingkat pemesanan sebesar 80 persen. "Hampir full," ujarnya.

Yanti memperkirakan tingkat hunian hotel mengalami peningkatan sebesar 60-65 persen. Peningkatan terbesar terjadi pada jenis resort. Penginapan bernuansa rumah itu akan penuh disewa oleh wisatawan domestik dan mancanegara. "Terutama dari Australia, yang sedang mengalami musim panas," kata dia. Yanti berharap pengelola hotel bisa meningkatkan pelayanan pada musim panen ini.

Namun hal berbeda terjadi di kota lain. Sejumlah hotel di Bandung misalnya, masih sepi dari pemesanan. Staf Hotel Baltika City, Angga Kurniawan, mengatakan dari 54 kamar hanya 40 persen yang sudah dipesan.

No comments:

Post a Comment