PT Indosat Tbk (ISAT) sepanjang 2013 mencatatkan kerugian sebesar Rp 2,78 triliun, atau terjun bebas 841,7 persen dibanding 2012 saat perseroan masih meraup laba bersih Rp 375,1 miliar. Dalam keterbukaan informasi, Senin (3/3/2014) disebutkan pendapatan perseroan sepanjang tahun lalu sebenarnya bertumbuh 6,4 persen dari Rp 22,4 triliun ke posisi Rp 23,85 triliun. Pendapatan itu terdiri dari pendapatan selular Rp 19,37 triliun naik 4,8 persen dari periode yang sama 2012 sebesar Rp 18,48 triliun. Adapun, pendapatan non-selularnya meningkat 14 persen dari Rp 3,92 triliun menjadi Rp 4,48 triliun.
Namun demikian, beban yang harus ditanggung pun mengalami peningkatan 16,2 persen dari Rp 19,22 triliun menjadi Rp 22,34 triliun. Beban lain-lainnya turun melonjak 77,5 persen dari Rp 2,72 triliiun ke posisi Rp 4,84 triliun.
Sementara itu, ebitda Indosat turun menjadi menjadi 10,37 miliar, dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 10,54 miliar. Perseroan hingga akhir 2013 memiliki menara BTS sebanyak 24.280, yang terdiri dari BTS 2G sebanyak 18.871 unit dan BTS 3G sebanyak 5.409 unit. Kuartal pertama tahun 2014 ditutup dengan pelbagai laporan kinerja perusahaan di tahun 2013. Tidak terkecuali salah satu perusahaan telekomunikasi seluler terbesar Indonesia, Indosat.
Perusahaan yang identik dengan warna kuning ini melaporkan kerugian besar yaitu sebesar Rp 2,78 triliun. Sangat timpang jika dibandingkan tahun 2012, dimana Indosat mencatatkan laba sebesar Rp 375 miliar. Kinerja perusahaan di tahun 2013 memang relatif memburuk jika membandingkan EBITDA di tahun 2013 dan 2012. Terdapat penurunan sebesar Rp 0,17 miliar.
Bak menyerupai warna kebesarannya, Indosat ibarat sedang berada di persimpangan jalan dengan lampu kuning sebagai tanda isyarat. Bisa menjadi lampu merah, bisa menjadi lampu hijau, atau bisa menjadi petunjuk untuk berhati-hati dalam bersaing di bisnis telekomunikasi. Bagaimana tidak, potensi penurunan kinerja secara internal hingga persaingan keras dari kompetitor eksternal akan semakin menghantam perusahaan yang pernah tercatat sebagai milik negara.
Dari sisi internal, Indosat kerap disibukkan dengan permasalahan hukum yang menimpa salah satu petingginya dan anak perusahaannya, IM2. Sejak pergantian CEO dari Harry Sasongko ke Alexander Rusli, Indosat pun ditinggal oleh C-Level lain yaitu Erik Meijer sebagai penanggung jawab komersial dan Hans Christiaan Moritz sebagai penanggung jawab teknologi. Hingga saat ini, belum ada pengganti dari kedua ekspatriat tersebut.
Selanjutnya, Indosat hampir dipastikan kehilangan hak pengelolaan orbit satelit 150,5 derajat Bujur Timur yang biasa dipakai oleh Satelit Palapa C-2. Hal ini tentu saja berdampak pada terganggunya potensi total pendapatan perusahaan dari pengelolaan satelit yang berkisar di angka 238 Miliar Rupiah. Belum lagi dari pelemahan kurs rupiah terhadap dollar yang menganggu neraca keuangan perusahaan.
Dari sisi eksternal, Indosat tidak bisa mengabaikan potensi kekuatan baru pasca aksi korporasi XL Axiata yang mengakuisisi Axis Telecom. Penggabungan kedua perusahaan telekomunikasi ini, tentu saja memperkuat daya saing untuk mengalahkan Indosat, setidaknya sebagai operator telekomunikasi nomor dua di Indonesia.
Selain itu, adanya rencana pemerintah untuk mengubah lisensi pengelolaan frekuensi 2.3 GHz menjadi lisensi seluler, tentu saja akan menambah sesak kompetisi bisnis telekomunikasi seluler di Indonesia. Hal ini ditambah dengan rencana pemerintah memindahkan lisensi frekuensi Smartfren dari 1.9 GHz ke 2.3 GHz. Patut diketahui bahwa saat ini, Smartfren sedang gencar melakukan promosi inovasi produk Andromax sebagai senjata utama menembus EBITDA positif di tahun 2014. Besar kemungkinan Smartfren juga dapat menggoyahkan kedigdayaan Indosat dalam 1 atau 2 tahun ke depan.
Inovasi Strategi Bisnis
Sebagai pemain besar di bisnis telekomunikasi, akan sangat konyol jika Indosat tidak mengantisipasi berbagai kelemahan internal dan ancaman eksternal yang telah disebutkan di atas. Adanya inovasi akan strategi bisnis menjadi sebuah hal mutlak jika Indosat masih ingin bertarung secara kompetitif.
Harus ada sebuah langkah besar korporasi seperti yang dilakukan oleh Bakrie Telecom dengan membeli saham Path yang menandakan keseriusan Bakrie Telecom untuk bermain di bisnis layanan Over The Top. Di samping langkah besar korporasi yang sudah dilakukan oleh XL Axiata dan Smartfren.
Indosat bisa memanfaatkan keunggulan "existing" dengan melakukan intensifikasi dan diversifikasi program di segmen anak muda dan komunitas untuk bisnis seluler. Untuk langkah besar, Indosat bisa saja mengubah lini bisnis anak perusahaannya, IM2 yang memiliki jatah frekuensi 2.3 GHz untuk bermain di layanan residensial dengan memberikan layanan internet terpadu.
Layanan tersebut adalah layanan internet interaktif yang memadukan berbagai perangkat elektronik seperti televisi, telepon, dan perangkat hiburan atau rumah tangga lainnya. Mumpung belum banyak pemain telekomunikasi untuk mewujudkan smart house dan ICT integrated services untuk residensial. Hal ini mengingat adanya pertumbuhan kebutuhan perumahan dan semaraknya hunian-hunian eksklusif dan terpadu di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Baik itu hunian tapak atau perumahan hingga gedung-gedung apartemen hunian.
Menarik untuk ditunggu pengejawantahan dari slogan Indosat yaitu Sinyal Kuat Indosat dan Punya Indosat. Apakah Indosat bisa memancarkan sinyal kuat untuk bersaing? Hingga meyakinkan publik bahwa keunggulan bisnis telekomunikasi memang masih Indosat punyai.
No comments:
Post a Comment