Tuesday, December 30, 2014

Hasil Pertemuan Jokowi dan George Soros Di Istana Merdeka

Miliarder dan investor global George Soros bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa, 30 Desember 2014. Menurut Soros, pertemuannya dengan Jokowi membicarakan situasi keuangan global dan rencana pemerintah Indonesia ke depan.

Namun Soros enggan memerinci isi pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut. "Saya tidak mau kuliah tentang itu," kata Soros, dalam paparan di Istana Merdeka.

Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan kunjungan Soros merupakan rangkaian coutesy call dengan Presiden Jokowi. Selain masalah ekonomi dunia, pertemuan membahas mengenai masalah lingkungan hidup. "Intinya hanyacourtesy call dan kemudian sharing masalah-masalah ekonomi dunia," kata Sofyan.

Soros tiba di Istana Presiden sekitar pukul 14.00 WIB, bersama tiga orang stafnya. Sedangkan Presiden Jokowi dalam pertemuan itu hanya didampingi Sofyan Djalil. Sebelumnya, George Soros pernah bertandang dan menemui Presiden Indonesia. Pada Maret 2013, Soros menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali. Saat itu keduanya membahas berbagai masalah, salah satunya perkara lingkungan hidup.

Soros dikenal sebagai investor kelas kakap dan filantropis atau dermawan. Soros, warga negara Amerika Serikat kelahiran Hungaria ini juga dikenal karena berbagai kontroversi. Dia dituding berperan dalam krisis Black Wednesday di Inggris pada 1992 dan gejolak ekonomi Asia pada 1997-1998.

Presiden Joko Widodo mendadak bertolak dari Istana Merdeka ke Surabaya untuk menemui keluarga korban pesawat Air Asia. Jokowi harus pamit kepada miliarder George Soros yang tengah bertamu di Istana Merdeka.

"Karena lokasi Air Asia sudah ditemukan, beliau mau bertemu dengan keluarga korban untuk memberikan dukungan moral," kata Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, yang menemani Jokowi dalam pertemuan dengan Soros di Istana Merdeka, Selasa, 30 Desember 2014.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Jokowi menerima George Soros di Istana Merdeka. Namun setengah jam kemudian, Biro Pers Istana mendata wartawan yang akan ikut dengan Jokowi melakukan kunjungan ke Pangkalan Bun dan Surabaya. Jokowi terlihat keluar dari Istana Merdeka pada pukul 15.00 WIB. Setengah jam kemudian, Soros baru keluar dari Istana.

Sofyan mengaku tidak tahu, apakah Jokowi akan melakukan kunjungan ke dua tempat sekaligus, yaitu ke Pangkalan Bun dan Surabaya. "Mungkin ke Pangkalan Bun dulu baru ke Surabaya, karena beliau tadi mau pergi melihat lokasi," ujarnya.

Pesawat Air Asia QZ8501 hilang dari pantauan radar otoritas penerbangan di Indonesia pada Ahad pagi, 28 Desember 2014. Pesawat jurusan Surabaya-Singapura yang mengangkut 155 penumpang dan 7 awak ini, terakhir kali terekam berada di atas perairan Belitung pada pukul 06.16 waktu setempat. Kini tim evakuasi menemukan jasad penumpang dan serpihan pesawat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

No comments:

Post a Comment