Sunday, December 14, 2014

Liburan Akhir Tahun .... Rp. 150 Triliun Bakal Dihabiskan Oleh Wisatawan Domestik

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata, Asnawi Bahar, memprediksi sekitar 50 juta wisatawan domestik akan berlibur selama masa Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Dengan jumlah wisatawan sebanyak itu, diperkirakan transaksi keuangannya bakal mencapai Rp 150 triliun. “Biasanya setiap wisatawan rata-rata menghabiskan duit Rp 3 juta,” kata dia ketika dihubungi kemarin.

Asnawi menjelaskan, angka wisatawan dan uang yang dibelanjakan itu naik dua kali lipat dibandingkan masa libur di luar Natal dan Tahun Baru. "Peak season liburan Natal dan Tahun Baru itu berlangsung selama 15 hari," kata dia.

Menurut Asnawi, tujuan favorit wisata masih dipegang oleh Bali, Yogyakarta, Mataram, Medan, Padang, dan di sekitaran DKI Jakarta seperti Bandung. Sementara wilayah pariwisata baru yang mulai menjadi tujuan favorit di antaranya Raja Ampat, Papua Barat. "Tapi persoalannya, jaraknya terlalu jauh," kata Asnawi.


Kendati Natal dan Tahun Baru menjadi masa puncak keuntungan bagi industri pariwisata,
Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Carla Parengkuan, mengatakan tingkat hunian hotel tidak akan terkerek sampai 100 persen. “Paling banter 65-70 persen,” kata dia.

Menurut Carla, selama ini rata-rata tingkat hunian hotel di masa libur akhir tahun memang belum pernah mencapai 100 persen. Tingkat hunian hotel, kata dia, sepenuhnya tergantung dari paket yang ditawarkan pengelola. Jika paket liburan yang ditawarkan bagus, tentu bisa menarik penghuni. “Yang paling tinggi, ya, tetap Bali dan Yogyakarta,” ujar dia.

No comments:

Post a Comment