Thursday, August 27, 2015

Pemerintah Ramai Ramai Kerahkan BUMN dan Perusahaan Asuransi Untuk Buy Back Agar IHSG Berhenti Jatuh

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, perusahaan pelat merah siap membeli kembali (buyback) saham senilai Rp 10 triliun. Banyak perusahaan dikerahkan. Tak hanya induk BUMN saja, tapi dana pensiun hingga asuransi pelat merah juga dikerahkan untuk masuk ke pasar saham supaya membantu pemulihan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Kita sedang bicarakan juga siapa dulu yang akan masuk. Baiknya siapa dulu. Kita pada dasarnya perusahaan-perusahaan itu melakukan analisa. Pada saat yang sama dari bank, dana pensiun, asuransi, mereka juga sedang melihat. Kita koordinasikan," ujar Rini di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Menurut Rini, masing-masing BUMN juga sedang melakukan kajia untuk buyback saham. Analisa harga pun digabung dengan waktu yang tepat untuk membeli saham. "Jangan lupa ya, jangan salah mereka emiten dan BUMN menganalisa sendiri juga dan melihat harga BUMN-BUMN sangat efektif. Dari segi rasio, potensi ke depan," jelasnya.

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan situasi pasar modal Indonesia masih jauh dari krisis. Awal pekan ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat jatuh cukup dalam, tapi kini sudah mulai membaik. "Fundamental Indonesai masih kuat, jangan disamakan pasar bursa efek saat tahun 1998 dan 2008 dengan saat ini. Saat ini kondisi fundamental jauh lebih kuat," kata Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, dalam paparan di kantornya, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2015).

Ia mengatakan, berdasarkan laporan keuangan emiten semester I-2015 sebanyak 329 emiten, atau sekitar 73% dari total emiten telah melaporkan hasil kinerja yang positif. Selain itu, dari 20 emiten berkapitalisasi terbesar sebanyak 18 perusahaan membukukan untung. "Secara fundamental emiten kita masih sangat kuat. Kalau jatuhnya Indeks seperti hari Senin itu hanya efek psikologi saja," jelasnya.

Tito menambahkan, BEI juga sudah mengeluarkan kebijakan dalam mengantisipasi jatuhnya pasar saham. Ada lima langkah yang dilakukan BEI, yaitu:
  • Penyesuaian aturan auto rejection
  • Meningkatkan kepercayaan investor dengan menaikkan dana perlindungan pemodal jadi Rp 100 juta.
  • Meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder terutama broker
  • Meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan transaksi di luar ketentuan seperti aktivitas marjin danshort selling
  • Konsisten dalam pengelolaan risiko untuk jamin kelangsungan sistem perdagangan"Indonesia ini bukan satu-satunya negara yang Indeksnya mengalami kejatuhan, tapi ini terjadi secara global," jelasnya.
Secara year to date (ytd), semua pasar saham di regional bergerak minus, paling dalam Indonesia dengan koreksi 18.93%. Sementara yang bisa tumbuh hanya bursa Jepang sebesar 5,31%.

No comments:

Post a Comment