Sunday, August 23, 2015

Kementan Guyur Pasar Dengan Jual Produk Pertanian Dibawah Harga Pasar

Kementerian Pertanian (Kementan) pagi ini, Senin (24/8/2015), menggelar Pasar Tani murah di halaman Gedung F, Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan (17/8/2015). Di pasar dadakan ini, 5 komoditas yakni tomat, bawang merah, cabai rawit, telur, dan daging ayam dijual dengan harga miring.

Meski sudah disosialisasikan sejak jauh hari pada masyarakat umum, mayoritas pembeli pasar tani PNS dan pegawai honorer Kementan. Pada acara pasar tani ini, cabai rawit yang harganya di pasar-pasar tradisional Jakarta menembus Rp 60.000/kg, dijual hanya Rp 30.000/kg. Bawang merah medium Rp 10.000/kg, tomat Rp 2.500/kg, telur ayam Rp 21.000/kg, dan daging ayam seberat 1,5 kg dijual Rp 30.000/ekor.

Baca : Setelah Tomat ... Kini Harga Bawang Merah Terjun Bebas Dari Rp. 40.000 Menjadi Hanya Rp. 3.000 Per Kg

Pasar tani sendiri mulai dibuka Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada pukul 08.00 WIB. Direktur Tanaman Budidaya dan Sayur Kementan, Yanuardi mengatakan, pihaknya hanya menyediakan tempat untuk sejumlah kelompok tani yang berjualan di Jakarta.

"Bukan kami yang jual. Harga sampai pengiriman mereka yang datangkan sendiri. Kami hanya sediakan tempat saja, sekaligus membantu memasarkan di Jakarta," kata Yanuardi, ditemui di lokasi pasar tani. Meski pasar tani didominasi PNS, menurut Yanuardi, sudah melakukan sosialisasi pada masyarakat lewat spanduk dan baliho di pinggir-pinggir jalan.

"Kami sudah sosialisasikan. Di Pasar Minggu sudah ada 2 spanduk, di Ragunan juga kami sebar, tapi banyak juga masyarakat yang datang memanfaatkan pasar tani ini," pungkasnya. Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar Pasar Tani di halaman Gedung F, Harsono RM, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2015). Pasar ini, para petani langsung menjual produk pertaniannya ke masyarakat tanpa rantai distribusi yang panjang.

Dari pantauan detikFinance, Pasar Tani ini langsung diserbu terutama para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementan. Bahkan dalam satu jam, sebanyak 8 ton tomat dan 3 ton bawang merah sudah ludes terjual. "Habisnya lebih cepat dari Pasar Tani lalu. Tomat dari yang kita bawa 16 ton sekarang sudah habis 8 ton lebih nggak sampai sejam. Kalau bawang merah 4 ton sekarang tinggal 1 ton," ungkap Wiwik Hartati, panitia penyelenggara Pasar Tani Kementan.

Antusiasme PNS dan masyarakat sekitar yang memborong tomat dan bawang, menurut Wiwit, tak lepas dari harga yang sangat miring yang ditawarkan di Pasar Tani tersebut. Tomat yang di pasaran seharga Rp 7.000/kg, di Pasar Tani hanya dijual seharga Rp 2.500/kg. Bawang merah ukuran medium yang saat ini pasar seharga Rp 17.000/kg dibanderol hanya Rp 10.000/kg.

"Murah karena langsung dari petani. Tomat itu kita beli dari Garut dan Magelang, sementara bawang merah dari Ngajuk. Jadi harga mereka yang tentukan, kita bantu tempat dan pengiriman saja," jelas Wiwik. Selain tomat dan bawang, Pasar Tani ini juga menjual 3 komoditas pertanian lainnya. Komoditas tersebut yakni telur yang dijual Rp 21.000/kg, cabai rawit Rp 30.000/kg, dan daging ayam Rp 30.000/ekor.

No comments:

Post a Comment