Monday, August 24, 2015

Sanur Village Kini Dijadikan Kampung UKM Digital

Menteri Pariwisata Arief Yahya akan meluncurkan Kampung UKM Digital pada pagelaran Sanur Village Festival 2015 yang akan diadakan pada 26-30 Agustus nanti.

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) Ida Bagus Sidharta Putra, menyatakan bahwa konsep kampung ini adalah penyediaan pusat layanan akses internet gratis bagi UKM. "Dipusatkan di pasar Sindhu, Sanur.” ujarnya, Senin 24 Agustus 2015. Di sana, para pengusaha UKM juga akan dilatih untuk mampu memanfaatkan internet guna mempromosikan produk mereka.

Program itu didukung oleh PT Telkom yang akan membuat wifi corner berkecepatan 100 Mbps serta pembuatan konten digital. “Kami juga menyediakan high speed internet access untuk media centre,” kata GM Telkom Wilayah Bali Selatan, I Gusti Bagus Ranuh.

Secara konseptual, jelas dia, kampung digital adalah tempat kumpulan UKM yang menggunakan teknologi digital sejak proses produksi, administrasi, pemasaran dan promosi bisnisnya bahkan hingga dalam hal pembayaran. Dalam transformasi dari model off line menjadi on line itu, Telkom akan menyediakan Broadband Learning Centre sebagai wahana pelatihan penggunaan ICT.

Dukungan juga dilakukan dengan mendorong penampilan produk UKM pada aplikasi mobile HI Bali. Aplikasi ini adalah aplikasi konten digital yang dapat diakses melalui aplikasi gadget berbasis android dan IOS sehingga akan lebih mudah dijangkau oleh calon konsumen.

No comments:

Post a Comment