Thursday, December 11, 2014

Islamic Development Bank Resmi Buka Kantor Di Jakarta

Lembaga keuangan multilateral Islamic Development Bank (IDB) atau Bank Pembangunan Islam, membuka kantor perwakilan di Indonesia. Peresmian kantor dilakukan oleh Presiden IDB Group Ahmed Mohamad Ali dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Bambang menuturkan, kerjasama ini berawal dari awal 2013 lalu, saat ditandatanganinya host Country Agreement (HCA). Kemudian disahkan dengan proses ratifikasi melalui peraturan presiden Nomor 90 tahun 2014.

"Peresmian Country Gateway Office ini adalah yang pertama, walaupun kita sudah menjadi anggota sejak 1975," ungkap Bambang dalam sambutannya, di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Kamis (11/12/2014) Lokasi kantor IDB berada di office 8 building, kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

Ini akan mempermudah IDB untuk ikut serta dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Terutama untuk pembiayaan infrastruktur. Di samping itu juga dalam pengembangan sektor keuangan, investasi, pembiayaan perdagangan, hingga berbagai kajian dan riset.

"Kita membutuhkan banyak dana untuk pembangunan infrastruktur. Dari IDB adalah salah satu institusi yang bisa membantu pembiayaannya," jelas Bambang. Pembiayaan untuk Indonesia dari IDB sejak 2011- 2014 sebesar US$ 3,3 miliar. Sebanyak 27% digunakan untuk infrastruktur. Sisanya untuk pendidikan 20% dan pertanian 18%

"Diharapkan untuk tahun 2015 US$ 500 juta. Tapi masih dibicarakan," sebut Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Presiden IDB Group Ahmad Mohamed Ali mengatakan, Indonesia menjadi salah satu prioritas IDB. Karena selain anggota, Indonesia merupakan negara dengan kapasitas penduduk islam yang besar.

Kehadiran kantor perwakilan di Indonesia adalah untuk mempererat hubungan dengan IDB. IDB tidak hanya berperan untuk pembiayaan namun juga menyatukan perekonomian antara negara-negara yang menjadi anggota IDB. "Kita akan memperkuat kolaborasi dengan Indonesia dan dengan negara-negara yang menjadi anggota IDB," sebutnya.

Bank Pembangunan Islam (IDB) membuka kantor cabangnya di Jakarta pada Kamis, 11 Desember 2014. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia akan mendapat tambahan dana investasi di bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

"Yang tidak kalah penting adalah kerja sama memajukan finansial islami," katanya di Hotel Indonesia Kempinski. Bambang mengatakan, pada 2011-2014, IDB sudah menggelontorkan dana US$ 3,3 miliar. Dari total dana tersebut, 27 persen disalurkan ke sektor infrastruktur. Menurut Bambang, dana tersebut akan bertambah setelah IDB membuka cabang di Jakarta.

"Banyak benefit yang akan diperoleh Indonesia dengan kehadiran IDB di Jakarta," ujarnya. Presiden IDB Group Ahmed Muhamad Ali mengatakan Indonesia sudah menjadi mitra lembaganya sejak 1975. Ali berharap kehadiran IDB di Jakarta akan mempererat hubungan dengan Indonesia dengan memperbanyak kerja sama pada masa mendatang.

"Indonesia adalah pemain besar dan negara Islam terbesar," ujar Ali. Di Jakarta, IDB membuka kantor di Office 8 SCBD.

No comments:

Post a Comment