Tuesday, December 9, 2014

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Alami Penurunan

Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 hanya berada pada kisaran 5,1 persen. Angka ini lebih rendah daripada proyeksi dalam laporan sebelumnya sebesar 5,2 persen.

Menurut ekonom utama Bank Dunia, Ndiame Diop, pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat menyebabkan harga sejumlah komoditas Indonesia menurun. "Hal ini memperkecil hadirnya peluang baru (untuk pertumbuhan)," kata Diop dalam paparan tentang laporan triwulan Bank Dunia di Jakarta, Senin, 8 Desember 2014.

Diop mengatakan estimasi ini dapat berbalik arah apabila investasi melampaui harapan pada 2015. Bank Dunia memberikan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2015 tidak berbeda dengan tahun ini, yaitu 5,2 persen. Menurut Diop, konsumsi domestik masih menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jika Indonesia mampu memperkuat fondasi ekonomi dan iklim investasi, laju pertumbuhan dapat lebih pesat. "Namun pertumbuhan ekspor diproyeksikan masih melemah," ujarnya.

Diop mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa melebihi 5,2 persen pada 2015 jika pemerintahan Jokowi bisa membenahi struktur ekonomi dan investasi, terutama dalam pembangunan infrastruktur dasar dan fisik. Namun, perekonomian akan tumbuh negatif apabila implementasi reformasi sangat terbatas "Dan penyerapan belanja modal lambat, sehingga menghambat pertumbuhan," kata Diop.

Ekonom Utama Bank Dunia, Ndiame Diop, mengatakan perekonomian Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan pada akhir 2014. Dua tantangan utama yang dihadapi Indonesia yaitu penyerapan belanja modal yang masih jauh dari harapan serta penurunan defisit neraca transaksi berjalan.

Sampai akhir Oktober, realisasi belanja modal hanya sekitar 38 persen dari pagu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Sedangkan defisit neraca transaksi berjalan baru mencapai 3,1 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada akhir triwulan III 2014. "Penurunan secara bertahap defisit transaksi berjalan diperkirakan terus berlangsung dan bisa mencapai angka 2,8 persen dari PDB pada 2015," kata Diop.

Diop mengatakan Indonesia saat ini mempunyai kesempatan memperbaiki layanan publik setelah memiliki ruang fiskal Rp 100 triliun dari penyesuaian harga bahan bakar minyak bersubsidi. Dia mengatakan alokasi anggaran yang baik, termasuk untuk pelayanan kesehatan dan program perlindungan sosial, dapat mempercepat upaya pemberantasan kemiskinan yang melambat. "Tanpa dukungan ini, tingkat kemiskinan yang saat ini 11,3 persen akan tetap berada di atas angka delapan persen pada 2018," ujarnya.

Meski memberikan ruang fiskal untuk belanja infrastruktur dan perlindungan sosial, penyesuaian harga BBM dalam jangka pendek mendorong inflasi menjadi lebih tinggi daripada proyeksi awal. Diop mengatakan inflasi diperkirakan mencapai 7,5 persen pada 2015 dan akan menurun pesat sebelum akhir tahun, "Apabila tidak ada gejolak lainnya," kata Diop. Secara keseluruhan, Bank Dunia optimistis perekonomian Indonesia dapat tumbuh lebih baik meski menghadapi tantangan perlambatan investasi atau[un ekspor pada 2015.

Dalam laporan triwulanannya, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 hanya berada pada kisaran 5,1 persen. Angka ini lebih rendah daripada proyeksi dalam laporan sebelumnya, yakni 5,2 persen. Diop mengatakan pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat menyebabkan harga sejumlah komoditas Indonesia menuurun. "Hal ini memperkecil hadirnya peluang baru (untuk pertumbuhan)," kata Diop.

No comments:

Post a Comment