Tuesday, December 9, 2014

Rencana Kerjasama Petral and Sonangol Terungkap

Direksi lama Pertamina ngotot menggunakan jasa Pertamina Trading Energy Ltd (Petral) dalam kerja sama pembelian minyak dari perusahaan asal Angola, Sonangol. Hal itu tertuang dalam surat bernomor R-146/ C00000/ 2014-S0 yang ditandatangai oleh mantan Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina, Muhammad Husein.

Dalam surat tertanggal 19 November 2014 itu, Husein menyatakan kerja sama Pertamina dan Sonangol dilakukan oleh anak usaha keduanya, Sonangol Asia dan Petral. Rencananya, Petral dan Sonangol Asia akan bertemu untuk membicarakan kemungkinan realisasi pasokan minyak mentah jenis Angolan Crude. "Untuk pengiriman kuartal I 2015," demikian isi surat tersebut, yang salinannya diperoleh .

Dalam surat itu juga disebutkan bahwa Pertamina berharap untuk mendapatkan pasokan minyak Angola secara efisien dengan cara langsung dari produsen. Poin lain dalam perjanjian itu adalah Sonangol akan membangun kilang minyak di Indonesia. Kedua pihak sepakat sepakat untuk membicarakan tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk membangun kilang baru, yang didahului dengan studi kelayakan.

Pertamina dan Sonangol juga berencana menjajaki kerja sama di sektor hulu yang saling menguntungkan dan sesuai dengan fokus pengembangan usaha Pertamina ke luar negeri. Saat hendak mengonfirmasi isi surat ini, tidak mendapatkan jawaban dari Husein dan manajemen Pertamina.
Baca : Siapa Sonangol dan Apa Hubungannya Dengan Jokowi

No comments:

Post a Comment