Sunday, August 2, 2015

Microsoft Investasikan 100 Juta Dolar Pada Usaha Taksi Gelap Uber

Microsoft Corp dikabarkan akan menanamkan investasi 100 juta dollar AS pada Uber Technologies Inc dan menyumbang kenaikan valuasi perusahaan startup transportasi ini mencapai 50 miliar dollar AS. Bloombergdengan mengutip seorang sumber, menyebutkan, kesepakatan ini dicapai Jumat lalu (31/7/2015).

Nilai Uber naik pesat dari awal tahun yang berkapitalisasi 40 miliar dollar AS. Perusahaan asal San Francisco yang dipimpin CEO Travis Kalanic ini diuntungkan dari ekspektasi bahwa teknologi bookingmobil sebagai transportasi masa depan.

Namun, pihak Uber enggan berkomentar. "Kami melaporkan penambahan pendanaan kami terakhir dua bulan lalu. Kami tidak bisa berkomentar atas spekulasi tambahan," kata juru bicara Uber Kristin Carvell.  Sementara juru bicara Microsoft, Tony Imperati, menolak memberi komentar. Sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan, Uber telah mendapat kesepakatan suntikan dana 1 miliar dollar AS, dan mencapai valuasi 51 miliar dollar AS. Microsoft menjadi salah satu pesertanya.

Andai ini benar, Uber artinya sudah melampaui nilai Facebook sebelum perusahaan jejaring sosial itu IPO pada tahun 2011. Uber mencapai valuasi 50 miliar dollar AS dalam lima tahun, sementara Facebook dalam tujuh tahun.  Uber juga berarti menjadi perusahaan didanai pemodal ventura yang bernilai paling tinggi. Produsen smartphone asal China Xiaomi dengan valuasi 46 miliar dollar AS, diyakini sebagai perusahaan sejenis kedua terbesar.

No comments:

Post a Comment