Tuesday, October 27, 2015

IDS Holdings Asal Korea Siapkan Rp 150 Miliar untuk 85 Persen Saham NC Securities

NC Securities menyatakan invesor asal Korea Selatan IDS Holdings menyiapkan dana minimal Rp 150 miliar bersamaan dengan rencana akuisisi terhadap NC Securities. Komisaris NC Securities Bob Yanuar mengatakan hingga kini masih dalam proses technical assistance akuisisi. Ia mengaku proses akuisisi IDS Holdings atas perusahaannya bakal memakan waktu yang cukup lama, hingga tahun depan.

“Kami sudah melakukan technical assistance, akuisisi tidak gampang butuh approval dan segala macam. Lalu bisa akuisisi. Butuh waktu sekitar setahun, mungkin semester II tahun depan selesai,” ujarnya di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (27/10). Bob mengaku jumlah saham yang akan diakuisisi oleh IDS Holdings masih dibahas. Namun, ia mengungkapkan bahwa perusahaan investasi asal Negeri Ginseng tersebut bakal menjadi mayoritas nantinya.

“Besaran akuisisi masih dibicarakan tapi kemungkinan mayoritas. Mereka mencari yang reputabledalam arti memiliki track record yang bagus. Sudah sejak awal 2015 mereka menyatakan keinginan akuisisi,” jelasnya. Ia menjelaskan, nantinya kepemilikan yang akan dilepas adalah milik pemegang saham yangexisting, dan ada kemungkinan mengeluarkan saham baru. Adapun akuisisi adalah satu-satunya cara pemodal asing untuk masuk ke bisnis sekuritas saat ini. Pasalnya, BEI tidak akan menambah anggota bursa atau sekuritas lagi.

“Yang diserap ya existing shareholder dan mengeluarkan saham baru. Mereka yang jelas mayoritas. Mau enggak mau ya memang harus akuisisi, karena bursa enggak nambah anggota bursa lagi. Maka memang harus beli (akuisisi) salah satu,” ujarnya. Bob mengungkapkan, IDS Holdings menyatakan komitmennya untuk mengembangkan usaha NC Securities pasca mencaplok kepemilikan mayoritas.

“Mereka akan investasi minimal Rp 150 miliar untuk masuk ke dalam perusahaan. Kan juga ada rencana BEI untuk menaikkan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) pelan pelan. Rp 150 miliar itu untuk investment sepertionline trading, mobile trading. IDS ingin dalam lima tahun NC Securities masuk ke 10 besar nilai perdagangan di bursa,” jelasnya.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan baru saja menerima kunjungan dari IDS Holdings. Namun, ia mengatakan acara tersebut hanyalah kunjungan biasa, tanpa ada pernyataan kerjasama khusus. Sementara, terkait rencana IDS Holdings untuk mencaplok kepemilikan NC Securities, ia mengaku BEI telah mengetahui hal tersebut dan masih memantau proses akuisisi.

“IDS nanti akan jad shareholder NC Securities, tapi masih proses. Katanya sih 85 persen, tapi sedang proses,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment