Sunday, March 1, 2015

Transaksi Batu Akik Secara Online Meningkat Tajam

Kegandrungan masyarakat terhadap batu akik, mewabah hingga ke dunia maya. Jual-beli batu akik kini tak hanya dilakukan konvensional dengan tatap muka, tapi juga sudah ditawarkan lewat situs jual-beli online. Salah satu situs e-commerce yang ramai dijadikan tempat berjualan batu akik adalah Bukalapak. Dalam sehari ada ribuan transaksi jual beli batu akik hingga mengalahkan produk lainnya.

Chief Executive Officer Bukalapak Achmad Zaky mengatakan batu akik saat ini menjadi item yang paling banyak diperjualbelikan di situsnya. Dalam tiga bulan terakhir, jumlah transaksi online batu akik kian meningkat. "Kondisi ini membuat harga batu mulia juga luar biasa tinggi," kata Zakiy di Jakarta, Minggu 1 Maret 2015.

Menurut Zakiy, transaksi batu mulia di Bukalapak.com mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Saat ini bahkan bisa naik dua kali lipat setiap bulan dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta rupiah per hari. Di situs Bukalapak, batu akik dan sepeda masuk dalam kategori hobi yang paling banyak dicari dan diminati pembeli. Khusus batu mulia, ada tiga jenis batu yang menjadi produk yang paling dicari dan diminati, yakni batu opal dengan 2.267 transaksi, lalu batu bacan 2.004 transaksi, dan batu akik dengan 1.645 transaksi.

Zakiy mengatakan lewat jual-beli online para pemain batu mulia ingin memanfaatkan peluang pasar dan membidik segmen pasar yang lebih luas hingga merambah ke luar daerah, bahkan ke luar pulau. Fenomena transaksi batu mulia ini juga diakui penjual yang aktif bertransaksi melalui situs Bukalapak.com. "Transaksi batu mulia itu memang menarik. Akan tetapi, karena sifatnya yang sesaat, saya hanya mencoba memaksimalkan peluang bisnisnya saja, bukan untuk jangka panjang," ujar Jamil, salah seorang penjual Bukalapak yang tinggal di Bogor.

Saat ini jumlah pelapak, istilah bagi penjual di Bukalapak, mencapai lebih dari 150.000 orang dengan jumlah pengunjung lebih dari 500.000 orang per harinya.

No comments:

Post a Comment