Saturday, August 22, 2015

Rumput Laut Jadi Komoditas Baru Provinsi Bangka Belitung

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung membangun lima hektare pembudidayaan rumput laut di Kabupaten Bangka Tengah. Upaya itu untuk memotivasi masyarakat pesisir mengembangkan komoditas tersebut. "Dalam waktu dekat ini kita akan membangun lima hektare budidaya rumput laut di dua titik yaitu Perairan Sungai Selan dan Kurau Kabupaten Bangka Tengah," kata Kepala Seksi Produksi dan Pengendalian Budi Daya Ikan Dinas Kelautan Perikanan Babel, Winarso di Pangkalpinang, Sabtu (22/8/2015).

Ia menjelaskan pembangunan budidaya di Perairan Kurau seluas 2,5 hektare dan Sungai Selan 2,5 hektare, akan dijadikan tempat percontohan budidaya komoditas tersebut. "Kami berharap pembangunan ini dapat meningkatkan minat masyarakat pesisir khsusunya nelayan untuk ikut mengembangkan usaha budidaya rumput laut, sehingga produksi komoditas peningkatan untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini sudah ada tawaran dari pengusaha asal Bekasi, Jawa Barat, untuk membeli hasil rumput laut petani di Bangka belitung, khususnya Bangka Tengah. "Pabrik rumput laut di Bekasi ini siap menampung berapapun hasil rumput laut kering petani di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia berdasarkan hasil temu bisnis antara pemprov, pemkab dengan pengusaha asal Bekasi tersebut siap membeli rumput laut kering 1.000 ton per bulan. Sementara hasil rumput laut basah petani Bangka Tengah pada 2014 hanya sekitar 50 ton per tahun. "Prospek ekonomis dari budidaya rumput laut cukup tinggi, karena pemeliharaan yang cukup mudah, murah, ketersediaan lahan yang luas dan pemasaran komoditas ini sangat mudah, karena permintaan pasar yang tinggi," ujarnya.

No comments:

Post a Comment