Pendapatan Facebook (FB) pada kuartal II 2015 mencapai US$4,04 miliar atau setara dengan Rp54,48 triliun (asumsi kurs Rp13.479). Angka tersebut meningkat 39 persen dibandingkan dengan pendapatan periode yang sama tahun lalu US$2,91 miliar atau Rp39,22 triliun.
Pendapatan iklan menjadi penyumbang terbesar pemasukan FB, di mana pertumbuhannya mencapai 55 persen dibandingkan dengan kuartal II 2014. Pendapatan iklan mobile, yang berkontribusi 76 persen terhadap pendapatan iklan FB, meningkat 74 persen dibandingkan dengan April-Juni 2014. "Triwulan II merupakan salah satu kuartal yang kuat bagi komunitas kami," kata Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook seperti dikutip dari situs resmi FB, Jumat (31/7).
Statistik menunjukkan jumlah pengguna Facebook meningkat selama April-Juni 2015. Pengguna aktif harian atau Daily active users (DAU), rata-rata mencapai 968 juta pada Juni, naik 17 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Khusus untuk DAU Mobile, rata-rata mencapai 844 juta atau meningkat 29 persen.
Sementara untuk pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU), tercatat sekitar 1,49 miliar sampai dengan Juni 2015, naik 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Untuk MAU Mobile sekitar 1,31 miliar sampai dengan Juni 2015, naik 23 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2014.
"Keterlibatan seluruh aplikasi membuat kami terus tumbuh dan tetap fokus pada peningkatan kualitas layanan," ujar Zuckerberg. FB melansir penggunaan video di platformnya terus mengalami pertumbuhan, di mana miliaran video ditonton setiap harinya via mobile. Video juga dinilai sebagai konten paling kaya dan menarik perhatian pengguna maupun media.
Sejak awal tahun ini, penayangan video di pages FB telah meningkat sebanyak 40 persen.
No comments:
Post a Comment