Thursday, August 13, 2015

PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Untuk Peringati HUT RI Ke 70

Dalam rangka memperingati HUT Indonesia ke-70, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menggratiskan tiket 113 perjalanan KA Lokal bersubsidi (PSO), yang terdiri dari 100 perjalanan KA lokal bersubsidi di Jawa dan 13 perjalanan di Sumatera. Pemberlakuan tiket gratis tersebut menjadi bagian dari ‘Program Merdeka’ untuk pemberangkatan KA pada 17 Agustus 2015 mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia mengatakan bagi masyarakat yang ingin menikmati program tersebut bisa membeli tiket di stasiun tanpa harus membayar pada tanggal tersebut. “Sementara itu untuk masyarakat yang telah melakukan pemesanan tiket KA Lokal bersubsidi (PSO) tertentu H-30 sebelum hari keberangkatan, biaya tiket akan dikembalikan di loket stasiun tujuan dengan menunjukkan bukti tiketnya pada hari itu juga,” ujar Edi dikutip dari keterangan resmi, Jumat (14/8).

Program bagi-bagi tiket gratis menurut Edi juga berlaku untuk layanan kereta yang dilakukan dua anak usaha PT KAI yaitu PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan PT Railink. Untuk KRL Commuter Line, KCJ memberikan program gratis tarif perjalanan KRL pada hari yang sama mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dalam kegiatan KRL gratis ini, para pemilik Kartu Multi Trip (KMT) saldonya tidak akan berkurang. Sementara para penumpang yang akan menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB), juga tidak perlu membayar tarif perjalanan

“Namun tetap harus ke loket untuk mengisi tujuan perjalanannya dan menyerahkan jaminan tiket. Sementara para pemilik kartu uang elektronik bank (BNI Tap Cash, Brizzi dari BRI, E-Money Mandiri, dan Flazz BCA) hanya akan membayar tarif sebesar Rp 1,” kata Edi.

Namun, dalam menggunakan KRL gratis ini para penumpang tetap perlu memperhatikan sejumlah ketentuan yang berlaku sebagaimana saat tarif normal. Edi menyebutkan ketentuan tersebut adalah mengenai saldo minimum KMT dan kartu uang elektronik bank, ketentuan uang jaminan dan refund THB, mengisi tujuan/relasi perjalanan THB di loket dan menggunakannya sesuai tujuan tersebut, serta aturan free out, penalti, dan suplisi.

Sementara untuk KA bandara, Railink memberikan promo ‘Diskon Kemerdekaan’ berupa potongan harga tiket sebesar 70 persen kepada pelanggan KA Bandara Kualanamu selama 15 hari terhitung tanggal 17 Agustus sampai 31 Agustus 2015.

Namun sayangnya, promo tersebut tidak berlaku untuk semua penumpang. Railink menetapkan penumpang yang berhak mendapatkan diskon adalah mereka yang berulang tahun di bulan Agustus. Promo ini berlaku untuk para calon penumpang KA bandara dengan melakukan pembelian langsung di counter tiket Stasiun KA Bandara Medan (CRS) dan Stasiun KA Bandara (ARS) dengan melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku.

No comments:

Post a Comment